Find Us On Social Media :

Curug Barong, Ketersembunyian yang Alami di Sentul

By Agus Surono, Minggu, 21 Desember 2014 | 10:00 WIB

Curug Barong, Ketersembunyian yang Alami di Sentul

Intisari-Online.com - Ingin menghabiskan akhir pekan dengan trekking "sengsara" membawa nikmat? Lokasinya tak jauh dari Jakarta? Curug Bengkok dan Curug Barong bisa menjadi pilihan.

Kedua air terjun mini ini berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Bagi yang belum familiar, wilayah ini berada tak jauh dari wahana Jungle Land di kawasan Sentul.

Dari Jungle Land arahkan kendaraan ke kanan menuju arah Gunung Pancar. Saat bertemu dengan pertigaan yang dibelah oleh Rumah Makan Sate, ambil jalur ke kiri. Ikuti jalan ini sampai bertemu jembatan besar. Ikuti terus sampai nanti bertemu dengan sebuah penunjuk arah kecil berwarna merah di sebelah kanan kendaraan kita.

Parkirkan kendaraan di tempat yang nyaman. Titip ke warga sekitar sambil bertanya-tanya soal jalan menuju ke Curug Barong ini. Bila ragu minta saja diantar. Masyarakatnya baik dan ramah kok.

Dari sinilah petualangan di mulai. Soalnya kita harus jalan kaki sekitar satu jam menembus sawah, menyisir pinggiran bukit, menyusuri sungai kecil. Namun semua terasa enteng karena terbius oleh pemandangan yang masih alami. Terlebih ditingkahi suara-suara hewan liar yang akan menambah suasana rimba.

Sebelum sampai Curug Barong kita akan menjumpai Curug Bengkok Leuwi Jejo. Silakan main-main di sini atau bisa lanjut ke Curug Barong. Masih butuh waktu untuk ke Curug Barong. Jika cuaca mendung lebih baik urungkan niat.

Namun begitu sampai di Curug Barong, segala kepenatan akan lenyap. Kolam kecil alami dengan air jernih mengundang badan lelah untuk mencebur. Atau sekadar merendamkan kaki yang capek.

Jika memasak di sini, jangan lupa untuk menjaga kebersihan ya?