Find Us On Social Media :

Kembang Soka, Air Terjun di Kulonprogo

By Monalisa Darwin D, Senin, 2 Maret 2015 | 18:15 WIB

Kembang Soka, Air Terjun di Kulonprogo

Intisari-Online.com - Jika berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir ke Kulonprogo. Adalah Kembang Soka, air terjun di Kulonprogo ini sedang ramai didatangi masyarakat. Lokasi wisata yang terbilang baru ini belum dikelola dengan maksimal. Pengelolaan masih hanya dilakukan oleh warga sekitar.

Air terjun Kembang Soka pun belum memiliki fasilitas yang memadai, seperti lokasi parkir, kamar mandi, tempat beristirahat, dan akses jalan yang sulit. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Giyono, menyatakan air terjun ini memang baru dibuka sekitar dua bulan terakhir sehingga fasilitasnya masih belum siap 100%. Ia juga mengaku bahwa warga ingin memperbaiki akses jalan, namun terkendala dengan banyaknya pengunjung yang datang.

Rencana pembuatan kamar mandi dan tempat parkir pun sudah menjadi agenda warga. Rata-rata pengunjung yang datang adalah sekitar 150 orang di hari biasa dan mencapai 800-1000 orang di hari libur. Sejak pembukaan bulan Januari lalu hingga sekarang, pengungjung telah mencapai 10 ribu.

Lokasi air terjun Kembang Soka berada di antara dua dusun, yaitu dusun Gunung Kelir dan dusun Kembang Soka, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Perjalanan menuju air terjun ini dilalui dengan mengikuti rute jalan Godean kemudian lurus ke arah barat hingga perempatan Kenteng. Kemudian lurus ke arah barat goa Kiskendo dan sampai di pasar Jonggrangan. Setelah dari sana, kita tinggal mengikuti papan petunjuk yang ada.

Untuk berkunjung ke Kembang Soka, Air Terjun di Kulonprogo, tiket masuk dipatok Rp 3.000,- per orang. (krjogja.com)