Find Us On Social Media :

Cagar Alam Hewan yang Patut Dikunjungi (2)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 5 April 2015 | 14:00 WIB

Cagar Alam Hewan yang Patut Dikunjungi (2)

Intisari-Online.com - Dengan berita terbaru dari Ringling Bros, gajah akan keluar dari pertunjukkan sirkus karena adanya fokus baru terhadap kesejahteraan hewan liar yang ditangkap kemudian untuk hiburan. Di seluruh dunia, cagar alam memperluas upaya untk menyimpan dan merawat binatang yang hidup dalam kondisi yang mengerikan. Berikut adalah beberapa cagar alam hewan yang patut kita kunjungi untuk melihat binatang bahkan menjadi relawan membantu pemeliharaan mereka:

5. Marine Mammal Center, California

Sejak 1975, pusat penyelamatan dan rehabilitasi di pantai California Utara ini telah membantu lebih dari 18.000 mamalia yang terdampar, yatim piatu, dan yang terluka dari Samudera Pasifik. Pengunjung dapat mengikuti tour dan mendapat fasilitas serta bisa melihat beberapa pasien anjing laut. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang ekosistem laut lokal. Ada pula acara menginap selama satu malam dan perkemahan selama satu minggu untuk anak-anak.

6. PAWS ARK 2000 Sanctuary, California

Ini didirikan oleh mantan pelatih binatang Hollywood, PAWS (Performing Animal Welfare Society). Dengan misi untuk membantu hewan liar yang pensiun, disalahgunakan atau yang tidak diinginkan dari sirkus atau karnaval. Cagar alam ini memiliki 22 harimau, 11 gajah, 4 singa, 7 beruang, dan 1 macan tutul hitam. Ada juga acara rutin yang dilakukan untuk pengunjung hingga dua hari untuk paket “Gajah Getaway”

7. Na’an Ku Se Wildlife Sanctuary, Namibia

Cagar alam ini menawarkan relawan untuk mendapat kesempatan lebih dekat dengan satwa liar dengan memberi pewaratan kepada mereka. Hewan yang ada di sini seperti babon, anjing liar, dan lainnya. Tidak hanya memberi makan, relawan juga dapat merasakan tidur bersama hewan. Dengan tujuan untuk merehabilitasi dan melepaskan sebagian besar hewan kembali ke alam liar, cagar alam ini juga mengajarkan pengunjung tentang lingkungan dan budaya setempat.

Memang sebaiknya kita ikut menjaga hewan yang ada di dunia, salah satunya dengan tidak menyakiti mereka. Lalu, apa Anda tertarik menjadi relawan atau sekadar datang ke salah satu cagar alam hewan yang patut dikunjungi ini? (mensjournal.com)