Find Us On Social Media :

6 Tempat Terbaik untuk Melihat Bintang

By Lintang Bestari, Kamis, 30 April 2015 | 16:00 WIB

6 Tempat Terbaik untuk Melihat Bintang

Intisari-Online.Com - Semakin banyaknya populasi manusia, semakin banyak juga polusi cahaya. Sinar lampu menghalangi cahaya bintang di langit. Sangat sedikit bintang yang terlihat di daerah perkotaan. Namun, bersyukurlah masih ada beberapa wilayah di mana kita bisa melihat bintang dengan mata telanjang. Menurut para astrolog dan pengamat alam semesta, inilah 6 tempat terbaik untuk melihat bintang:

Gurun Atacama, CileGurun yang terletak 600 mil di bentangan utara Chile ini menawarkan tempat melihat bintang yang ideal: ketinggian yang pas, langit yang tak berpolusi dan salah satu tempat terkering di bumi. Tak heran jika wisata astrologinya cukup booming. Elqui Domos, yang berada di pinggir gurun, menawarkan pengalaman pribadi yang tak bisa dilupakan: bersama dengan observatorium, tersedia hotel yang dilengkapi tenda dengan atap terbuka atau kabin dengan atap kaca sehingga kita bisa puas melihat bintang di langit.

Cagar Alam NamibRand, NamibiaKetika International Dark Sky Association (sebuah grup yang melihat kelayakan tempat berdasarkan kualitas langitnya) terbentuk di tahun 1988, NamibRand adalah tempat pertama yang dinyatakan kualitas langitnya sangat baik. Saat ini, para pengunjung bisa mendirikan berkemah di tengah gersangnya Gurun Namib dan mengikuti tur keliling gurun pasir.

Mauna Kea, HawaiiOrang-orang rela melakukan dua jam perjalanan ngebut ke Mauna Kea, rumah bagi teleskop terbesar di dunia. Memiliki ketinggian 13.796 kaki, Mauna Kea sebenarnya berbahaya bagi mereka yang fobia tinggi. Namun, para pecinta langit memberanikan diri demi pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler. Mauna Kea ditutup bagai para wisatawan ketika malam datang. Tapi Pusat Wisatawan tetap buka sampe jam 10 malam. Nah, di sini kita akan diberikan info mengenai astronomi, tanya jawab, bahkan berkesempatan melihat langit menggunakan teleskop 11, 14, dan 16 inci.

Taman Nasional Jasper, KanadaJalan menuju Taman Nasional Jasper dipenuhin dengan hutan cemara dan pinus. Pada malam hari, pemandangannya lebih bagus. Banyak acara diselenggarakan menjelang peringatan Dark Sky Festival, seperti peluncuran roket untuk anak-anak dan pameran teleskop. Jika kita tak bisa datang pada bulan Oktober, jangan khawatir karena kita bisa berkemah di sana kapan saja.

Taman Hutan Galloway, Skotlandia         Banyak yang mengatakan, kita bisa melihat 7000 bintang serta beberapa planet dengan mata telanjang dari hutan Galloway. Salah satu dari tiga pusat informasi pengunjung menghadap Clatteringshaws Loch dan gelapnya hutan – menyediakan kondisi ideal untuk menatap bintang. Atau, jika ingin lebih jelas, kita bisa mengikuti seminar atau ikut kunjungan ke Scottish Dark Sky Observatory, yang terletak di bagian selatan hutan.

Tenerife, Kepulauan CanariBerada di dataran tinggi, dekat dengan ekuator dan jauh dari pusat badai tropis membuat Tenerife mendapatkan langit gelap dan jernih. Tenerife juga mengesahkan undang-undang yang mengatur jalur penerbangan untuk melindungi kesempurnaan langit saat melihat bintang. Pulau terbesar ini juga menyelenggarakan Starmus Festival, perayaan sains, musik dan seni. Para pengunjung festival, seperti Neil Armstrong dan Stephen Hawking, menikmati kuliah bersama, screening dan pesta bertema luar angkasa. Di pertemuan berikutnya, pengunjung bisa mengikuti tur ke Teide Observatory (dibuka dari April-December), atau mengunjungi puncak Gunung Teide saat makan malam sambil melihat bintang di atas sana.

Itulah 6 tempat terbaik untuk melihat bintang. Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?