Find Us On Social Media :

Foto Ini Tunjukkan Membludaknya Kunjungan Wisatawan ke Gua Pindul

By Ade Sulaeman, Selasa, 5 Mei 2015 | 16:00 WIB

Foto Ini Tunjukkan Membludaknya Kunjungan Wisatawan ke Gua Pindul

Intisari-Online.com - Beberapa pengguna internet tengah membicarakan foto yang menunjukkan membludaknya kunjungan wisatawan ke Gua Pindul. Maklum, para netizen (panggilan para pengguna internet) tersebut khawatir kondisi tersebut dapat merusak ekosistem gua yang berada di kawasan karst Gunung Kidul tersebut.

Foto yang dimaksud adalah foto yang diunggah pengguna Facebook bernama Lazarus Arintoko pada Sabtu (2/5/2015). Dalam foto tersebut terlihat para wisatawan yang ditenggarai berjumlah ratusan bahkan ribuan memenuhi tepi dan badan sungai yang mengarah masuk ke Gua Pindul.

Keberadaan para wisatawan yang begitu banyaknya bahkan membuat air sungai tidak terlihat sama sekali. Apalagi masing-masing dari mereka membawa ban yang berfungsi sebagai “perahu” untuk menyusuri Gua Pindul.

Tentu saja foto yang menunjukkan membludaknya kunjungan wisatawan ke Gua Pindul memicu komentar yang berisi kecaman dari netizen. Contohnya Dian Tridayanti yang berkomentar “Kalo dah serame itu dah ga asik lagi, lagian kebayang gimana kondisi sekitar gua Pindul gara2 dipijak ratusan bahkan mungkin ribuan kaki seperti itu.”

Semantara Nining Rusty Tavip, berujar “Hadeeww....bgmn bs nyaman kalau begini,” terkait kondisi gua yang berada di Desa Bejiharjo tersebut.

Menanggapi foto yang menunjukkan membludaknya kunjungan wisatawan ke Gua Pindul tersebut, salah seorang pengelola Gua Pindul, Haris Purnawan menyatakan hal ini disebabkan jumlah pengelola yang banyak serta ketidakmampuan pengelola membatasi jumlah wisatawan.

(Laporan reporter Tribun Jogja, Hari Susmayanti)