Find Us On Social Media :

Merry Cemetery, Tempat Pemakaman Paling Berwarna di Dunia

By Lintang Bestari, Kamis, 21 Mei 2015 | 10:00 WIB

Merry Cemetery, Tempat Pemakaman Paling Berwarna di Dunia

Intisari-Online.Com - Pemakaman biasanya digambarkan sebagai tempat yang kelam dan menyeramkan. Namun, hal itu bisa sangat berbeda ketika kita mengunjungi Merry Cemetery, tempat pemakaman paling berwarna di dunia. Pemakaman yang berada di Sapanta, Rumania, ini diisi dengan 800 makam yang berwarna cerah dan terang.

Nisan-nisan yang berada di Merry Cemetery dibuat oleh tukang kayu bernama Ion Stan Patras di tahun 1935. Patras mengukir nisan dari kayu ek dan mewarnainya dengan warna biru. Kadang memberi tambahan warna lain seperti merah, kuning, hitam – tergantung dengan kehidupan orang yang meninggal tersebut. Dibanding memberikan deskripsi singkat mengenai orang tersebut, lebih baik nisan diisi dengan kata-kata yang puitis dan menyentuh.

"Nisan menggambarkan kehidupan seseorang. Jika orang tersebut peminum, maka katakanlah. Jika dia pekerja keras, tuliskan juga sejujurnya di situ. Tidak ada yang ditutup-tutupi di kota kecil,” kata Dumitro Pop, penyair dan petani yang mengambil alih pekerjaan Patras sebagai pengukir nisan setelah kematiannya di tahun 1977. “Pihak keluarga juga ingin kehidupan kerabat yang meninggal itu direpresentasikan melalui nisannya,” tambah Pop.

Pop sendiri bisa menghasilkan nisan berwarna itu sekitar 10 setiap tahunnya. Kita bisa mengunjungi Merry Cemetery atau area Maramures untuk melihat karya Pop. Untuk masuk ke Merry Cemetery, tempat pemakaman paling berwarna di dunia ini, kita harus membayar satu dolar.

Bukah hanya orang-orang Rumania yang menandakan kematian dengan warna-warna cerah. Pemakaman Mayan di Guatemala juga penuh dengan warna – didominasi warna pastel dan mural. Bahkan, di Americas, hari kematian dirayakan dengan musik, make-up mewah dan kostum menakjubkan. (huffingtonpost.com)