Find Us On Social Media :

5 Kebiasaan Penumpang Menyebalkan di Pesawat yang Wajib Dihindari

By Ade Sulaeman, Jumat, 19 Juni 2015 | 18:00 WIB

5 Kebiasaan Penumpang Menyebalkan di Pesawat yang Wajib Dihindari

Intisari-Online.com - Kenyamanan saat menggunakan pesawat sebagai sarana transportasi tidak hanya tergantung pada kru pesawat, namun juga pada para penumpangnya. Sayangnya, sebagai penumpang, terkadang kita tidak sadar sudah mengganggu kenyamanan orang lain. Untuk itu, berikut ini akan dipaparkan lima kebiasaan penumpang menyebalkan di pesawat yang wajib kita hindari.

1. Masih membawa tiket pesawat versi cetak

Masalah yang mungkin muncul jika masih melakukan kebiasaan ini adalah kertas tiket yang hilang atau terselip. Jika kita sedang berada di antrean, maka yang dirugikan tidak hanya kita, melainkan penumpang lain di belakang kita.

Tentu saja e-ticket menjadi solusi untuk masalah ini. Nah, salah satu cara mudah mendapatkan ­e-ticket ini adalah dengan membelinya di online travel agent (OTA) semacam Traveloka yang menyediakan tiket elektronik alias e-ticket.

Selain dapat diakses melalui email, sebenarnya lebih mudah untuk mengakses e-ticket kita lewat Traveloka App, aplikasi mobile OTA ini. Apabila aplikasi tersebut sudah di-install di smartphone kita, maka e-ticket bakal otomatis tersimpan di sana sesaat setelah transaksi pembelian tiket selesai. Keuntungannya? kita tak perlu lagi mencetak tiket atau sibuk membongkar tas di depan konter check-in. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah bila membeli tiket melalui aplikasi tersebut.

2. Terlalu banyak hand carry di kabin

Meski memiliki aturan, tidak semua maskapai penerbangan bersikap tegas terkait bawaan penumpang di kabin, yang biasanya gratis. Jika kita membawa banyak bawaan di bagasi kabin, maka selain membahayakan penerbangan, penumpang lain juga akan merasa kesal karena harus mengantre terlalu lama bahkan sampai tidak kebagian ruang untuk menyimpan bawaannya di kabin.

3. Terus-menerus mengajak bicara penumpang lain yang baru dikenal

Tujuan baik kita untuk mengakrabkan diri dengan penumpang yang baru kita kenal selayaknya dibatasi. Terutama jika penumpang tersebut sudah terlihat lelah atau tidak nyaman. Berikan dia waktu untuk beristirahat.

4. “Menendang” bangku di depan kita

Survei Expedia menunjukkan bahwa menendang bangku penumpang lain berada di posisi pertama kebiasaan paling menyebalkan dari penumpang pesawat. Tentunya kadang kita “menendang” dengan tidak sengaja. Untuk itu, berhati-hatilah. Penumpang yang duduk di bangku depan kita bisa jadi sedang tidur dan terbangun karena terkejut atau terganggu.

5. Langsung mengaktifkan ponsel dan menelepon sesaat setelah pesawat baru mendarat

Keluarga dan teman pasti menunggu kabar dari kita, tapi hal ini tak lantas membuat kita harus menghubungi mereka saat pesawat baru saja mendarat dan belum selesai parkir. Tak hanya mengganggu kenyamanan, kebiasaan ini juga mengganggu keselamatan penumpang lain, karena sinyal telepon kita bisa mengganggu sistem navigasi pesawat.