Find Us On Social Media :

KPU Berkomitmen Bangun Transparansi Pemilu Untuk Keterbukaan Informasi Publik

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 19 Desember 2023 | 08:17 WIB

Dalam rangka Pemilu 2024 nanti KPU berkomitmen untuk membangun transparansi untuk keterbukaan informasi publik.

Intisari-Online.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitmen untuk terus membangun transparansi untuk keterbukaan informasi publik terkait Pemilu 2024 nanti.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua KPU Hasyim Asyari.

Bersama anggota KPU August Mellaz dan Betty Epsilon Idroos, Agus hadir dalam Visitasi Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) ke kantor KPU pada Rabu (13/12) tempo hari.

Di situ Hasyim menyampaikan, KPU berkomitmen transparan sebagaimana diatur dalam UU, salah satu asas penyelenggara pemilu adalah transparan.

“Dari waktu ke waktu membangun, memperkuat, memperluas transparansi,” tegas Hasyim

Menurut Hasyim, transparansi ada dua makna.

Peratama dalam bentuk dokumen, kecuali dokumen yang diklasifikasikan dikecualikan.

Kedua, berbagai macam informasi dapat diakses kecuali informasi yang kategorinya tidak dapat dipublikasikan.

"Dalam teori pengambilan keputusan, public policy theory, ada pada bagian decision making formulation, berbagai macam info harus kita siapkan, berbagai macam data harus disclosure dalam rangka pilihan kebijakan terkait, kebijakan yang kita ambil," ujarnya.

Dilansir situs resminya, KPU bekerja sekuat tenaga mempublikasikan apa saja yang dikerjakan oleh KPU karena tugas dan kewajiban KPU menyampaikan informasi perkembangan pemilu secara rutin.

Sementara itu, Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro menyampaikan ada empat hal penting.

Pertama tentang ketersediaan informasi (availability), lalu aksesibilitas (accessibility) ke informasi dan juga terhadap personilnya, affordability (tidak memungut biaya), dan acceptability (persepsi publik).