Find Us On Social Media :

8 Tips Menghilangkan Rasa Takut Naik Pesawat (1)

By Lintang Bestari, Jumat, 3 Juli 2015 | 06:00 WIB

8 Tips Menghilangkan Rasa Takut Naik Pesawat (1)

Intisari-Online.com - Beberapa orang ada yang takut naik pesawat sehingga mereka memilih alternatif transportasi lain untuk bepergian. Jika Anda salah satunya, inilah 8 tips menghilangkan rasa takut naik pesawat menurut para ahli:

Temukan penyebab rasa takutCari hal apa yang menyebabkan kita takut naik pesawat. Apakah kita takut ketinggian? Takut goncangannya? Atau takut terjatuh? Jika sudah menemukan jawabannya, telusuri bagaimana rasa takut itu muncul. Dengan mengetahui apa yang ditakuti, kita bisa mengatasinya ketika rasa takut itu baru muncul.

Saat mulai merasa cemas, cobalah napas 7/11: artinya, saat menghirup nafas hitung sampai 7, dan saat mengeluarkannya hitung sampai 11. Cara itu bisa mengatur cara bernapas kita dan bisa menenangkan.

Ubah pendekatanJangan terus-terusan menghindari naik pesawat. Penghindaran seperti itu menambah kecemasan dan menghalangi kita untuk mengatasi ketakutan tersebut.

Konsentrasi pada tempat tujuanBayangkan tempat yang akan kita tuju daripada memikirkan penerbangan itu sendiri. Pikirkan tentang hal-hal yang akan kita lakukan saat sampai di sana. Cetak gambar tempat yang akan dikunjungi dan fokus pada hal itu. Jika mengunjungi teman atau keluarga, bayangkan betapa menyenangkannya bertemu mereka.

Ada pilot dan pramugariPramugari akan memberikan perhatian tambahan jika kita membiarkan mereka tahu apa yang kita butuhkan. Jika merasa kurang nyaman, kita bisa meminta pihak maskapai penerbangan untuk masuk lebih dulu ke pesawat untuk menghindari antrean panjang masuk ke pesawat yang bikin cemas.