Find Us On Social Media :

Jumlah Wisatawan Candi Borobudur Meningkat di Libur Lebaran

By Monalisa Darwin D, Jumat, 17 Juli 2015 | 07:00 WIB

Jumlah Wisatawan Candi Borobudur Meningkat di Libur Lebaran

Intisari-Online.com - Sepanjang libur Lebaran 2015, jumlah wisatawan Candi Borobudur meningkat. Jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 332.253 orang. Jumlah ini pun meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu 302.049 orang.

Chrisnamurti Adiningrum, Kepala Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur, mengatakan masa ramai libur ditetapkan selama 15 hari, yaitu 12-26 Juli 2015 dan lonjakan wisatawan Candi Borobudur diprediksi akan terjadi pada 18-19 Juli 2015.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Candi Borobudur menemui puncak keramaiaannya biasanya pada H+2 dan H+3 lebaran. Mayoritas pengunjung adalah masyarakat yang sedang pulang ke kampung, Kabupaten Magelang, Yogyakarta, dan sekitarnya.

Pihak Candi Borobudur pun berusaha memberikan pelayanan baik dan memberikan hiburan tambahan, seperti pentas seni rakyat, wayang kulit, musik keroncong, dan lainnya. Tidak hanya itu, aka nada pula atraksi kesenian daerah di dalam komplek Taman Wisata Candi Borobudur, kemudian ada pameran berbagai produk makanan serta handycraft khas Borobudur, dan pameran potensi desa di sekitar warisan budaya dunia.

Perbaikan fasilitas dan penataan pedagang telah dilakukan. Saat ini, persiapan untuk plotting petugas, pengaturan arus lalu lintas, dan persiapan puluhan kantong kantor parker di luar komplek candi sedang dilakukan.

250 petugas keamanan siap dikerahkan, baik dari intern PT. TWCB maupun aparat TNI, Polri, dan organisasi masyarakat. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi keamanana dan kenyamanan wisatawan Candi Borobudur yang meningkat di libur lebaran setiap tahunnya. (kompas.com)