Find Us On Social Media :

25 Kata-kata Ucapan Hari Bela Negara 2023, Sesuai dengan Tema

By Ade S, Senin, 18 Desember 2023 | 21:03 WIB

Logo Hari Bela Negara 2023. Ingin mengucapkan selamat Hari Bela Negara 2023? Simak 25 kata-kata ucapan Hari Bela Negara 2023 yang sesuai dengan tema di artikel ini.

Intisari-Online.com - Hari Bela Negara menjadi momentum untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme dalam bela negara.

Salah satu cara untuk menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kita kepada para pahlawan adalah dengan mengucapkan selamat Hari Bela Negara.

Berikut ini adalah 25 kata-kata ucapan Hari Bela Negara 2023 yang sesuai dengan tema "Kobarkan bela negara untuk Indonesia maju".

Sejarah Hari Bela Negara

Setiap tanggal 19 Desember, bangsa Indonesia memperingati Hari Bela Negara.

Melansir Kompas.com, hari ini merupakan penetapan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2006 pada 18 Desember 2006.

Tujuan dari Hari Bela Negara adalah untuk meningkatkan semangat nasionalisme dalam bela negara sebagai upaya mempertahankan eksistensi bangsa dan negara yang berlandaskan persatuan dan kesatuan.

Latar belakang dari Hari Bela Negara adalah peristiwa penting dalam sejarah Indonesia.

Pada 19 Desember 1948, Belanda melancarkan serangan militer yang disebut dengan Agresi Militer ke II.

Serangan ini mengakibatkan para pemimpin negara terpaksa mengungsi dan pemerintahan Republik Indonesia terhenti sejenak.

Belanda kemudian menyebarkan propaganda di dunia internasional bahwa Republik Indonesia sudah bubar karena tidak memiliki pemerintahan.

Baca Juga: 35 Ucapan Hari Ibu untuk Diri Sendiri, Simpel Namun Menyentuh Hati