Find Us On Social Media :

Alhamdulillah, Ada Bansos Hingga Rp2,4 Juta Desember 2023, BLT El Nino, PKH, dan Beras 10 Kg, Siapa Saja yang Berhak?

By Afif Khoirul M, Kamis, 14 Desember 2023 | 14:45 WIB

Ilustrasi - Informasi BLT terbaru pada Desember 2023.

Intisari-online.com - Pemerintah terus memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan bencana alam.

Pada bulan Desember 2023, ada tiga jenis bansos yang akan disalurkan, yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, Program Keluarga Harapan (PKH), dan bantuan beras 10 kg.

Siapa saja yang berhak menerima bansos-bansos tersebut?

BLT El Nino adalah bantuan yang diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terkena dampak El Nino, yaitu fenomena pemanasan permukaan laut di Samudera Pasifik yang menyebabkan perubahan iklim dan cuaca.

BLT El Nino sebesar Rp 200.000 per bulan untuk periode November-Desember 2023 akan disalurkan secara sekaligus Rp 400.000 pada bulan Desember.

Untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima BLT El Nino atau tidak, Anda bisa mengunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id dan mengisi data wilayah, nama, dan nomor identitas Anda.

Jika Anda terdaftar, Anda bisa mengambil BLT El Nino di bank anggota HIMBARA (BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN) atau melalui pengurus PKH.

PKH adalah bantuan yang diberikan kepada 10 juta KPM miskin dan rentan miskin yang memiliki anggota keluarga yang hamil, menyusui, balita, anak sekolah, penyandang disabilitas, atau lanjut usia.

PKH sebesar Rp 3 juta per tahun akan disalurkan secara bertahap dalam empat tahap.

Pada bulan Desember 2023, PKH tahap keempat akan cair bagi KPM yang belum menerima bantuan pada bulan Oktober atau November.

Besaran bantuan PKH berbeda-beda tergantung kategori penerima, mulai dari Rp 750.000 hingga Rp 2,4 juta per tahun.

Baca Juga: Alhamdulillah Masih Ada Rezeki Rp400.000, Ini Daftar Siapa Saja Yang Berkah Dapat Bansos El Nino 2023