Find Us On Social Media :

10 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Luar Negeri (2)

By Lintang Bestari, Selasa, 22 September 2015 | 09:00 WIB

10 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Luar Negeri (2)

Intisari-Online.com - Mengunjungi negara lain tentu saja membuat kita senang. Namun, karena terlalu bersemangat terkadang kita malah melupakan hal-hal penting dan akhirnya kerepotan sendiri. Berikut adalah 10 hal yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri:

Siapkan biaya perjalananDi perjalanan, tidak ada waktu untuk tak punya uang. Siapkan uang “besar” (untuk penerbangan, akomodasi, wisata hiburan, dsb) lalu siapkan juga uang untuk keperluan makan sehari-hari, transportasi dan keperluan-keperluan kecil lainnya.

Ingat kata kunciJika kita tidak mengerti bahasa negara yang kita kunjungi, setidaknya ingat bagian-bagian pentingnya saja. Meskipun kita hanya mengetahui sedikit bahasa tersebut, orang-orang lokal pasti akan menghargainya.

 

Matikan roamingKecuali kita telah memilih rencana ponsel internasional, matikan roaming di ponsel Anda. Paket data bisa memakan ratusan dolar dalam jumlah yang sangat singkat.

 

BerkemasSemakin sedikit lebih bagus untuk menghemat ruang di ransel dan koper kita, serta memudahkan kita saat berpindah-pindah dari pesawat, kereta lalu kamar hotel. Kemas semua barang yang kita ras akita butuhkan, dan sisihkan yang tidak begitu penting.

Kabari orang terdekatTulis surat, e-mail atau sms kepada orang terdekat. Beritahu mereka kita akan pergi ke mana, dengan siapa, dan nomor telepon mana yang bisa dihubungi. Beritahu mereka juga penerbangan apa yang akan kita gunakan.

Itulah 10 hal yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Jangan sampai ada yang kelupaan, ya! (time.com)