Find Us On Social Media :

10 Tips Mudah untuk Menjadi Traveler yang Baik

By Lady Ivonne, Jumat, 25 September 2015 | 16:00 WIB

10 Tips Mudah untuk Menjadi Traveler yang Baik

Intisari-Online.com - Meski hampir semua orang ingin berlibur ke tempat-tempat yang jauh, tidak semua orang mau atau bisa menjadi seorang traveler yang baik. Padahal, menjadi traveler yang baik tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, namun juga untuk diri si pelancong. Berikut 10 tips mudah untuk menjadi traveler yang baik:

1. Jangan bertindak sok tahu: Jadikan supir taksi atau bartender di bar sebagai pemandu kita. Jangan memberitahu mereka kemana kita ingin pergi, tapi minta mereka untuk menunjukkan arah tempat yang akan kita tuju.

2. Bertanya: Jangan malu untuk bertanya pada orang apa yang harus lakukan. Contohnya, mengikuti petunjuk perjalanan dengan saran dari penduduk setempat.

3. Bersikap baik: Banyak orang yang berjasa selama perjalanan kita, misalnya saja pelayan yang membersihkan tempat tidur. Berikan tip dengan catatan tanda terima kasih kita untuk mereka.

4. Jangan berpikir kaku: Ada baiknya kita dapat bercanda dengan orang-orang yang kita temui di dalam perjalanan kita, berbaur dan mengeluarkan candaan baik itu tentang diri kita atau tempat asal kita.

5. Menonton acara olahraga: Salah satu dari 10 tips mudah untuk menjadi traveler yang baik adalah jika kita seorang penggemar acara olahraga, lebih baik menonton di kamar hotel sendiri.

6. Jauhi penghubung antar negara: Jauhi jalan penghubung antar negara jika kita bisa, karena pesona sebuah kota justru terletak jauh dari jalan utama.

7. Memulai percakapan: Berbicara dengan orang-orang di samping kita membuat pengalaman kita jadi lebih otentik.

8. Mengirim kartu pos: Tulislah kartu pos, bukan email. Dengan ini kita dapat mengenang kembali bagaimana perjalanan kita di berbagai tempat.

9. Menerima pertolongan: Dalam perjalanan, ketika seseorang mengundang kita ke rumah mereka, atau mencari makan malam, atau ikut tur perjalanan, cobalah ikuti tawaran mereka. Tapi tetaplah hati-hati. Kemurahan hati yang tulus adalah alasan banyak traveler bisa melakukan perjalanan begitu lama dengan sedikit uang.

10. Ikuti aturan penting dari menjadi tamu: Tinggalkan rumah yang kita tumpangi dalam kondisi yang lebih baik daripada ketika kita tinggal di sana dan bersikaplah baik pada tuan rumah.

Terakhir, satu tip yang paling penting dari semua: Pergilah ke berbagai tempat untuk pengalaman, bukan hanya untuk melihat sesuatu. Jika hanya untuk melihat banyak hal, kita bisa melakukannya di rumah.(nationalgeographic.com)