Find Us On Social Media :

Membesarkan Anak Sebagai Penyuka Museum

By Lady Ivonne, Kamis, 1 Oktober 2015 | 08:30 WIB

Membesarkan Anak Sebagai Penyuka Museum

Intisari-Online.com - Ide untuk menghabiskan waktu di museum adalah hal yang menarik namun sering terlupakan. Padahal, ada banyak manfaat yang dapat kita pelajari dari mengajak anak pergi ke museum. Di museum, kita dan anak dapat menghabiskan waktu sambil bermain dan tentu juga, belajar. Berikut lima trik membesarkan anak sebagai penyuka museum:

1. Berikan apa yang mereka mau

Seringkali kita sebagai orang tua memulai dengan museum yang ada di sekitar kita. Tapi mulailah dengan hal yang menjadi ketertarikan sendiri bagi anak-anak. Misalnya, jika memiliki anak yang menyukai dinosaurus, Museum Alberta’s Royal Tyrell akan menjadi pilihan yang tepat. Di museum ini bahkan masih ada fosil dinosaurus nyata. Jika kita tidak bisa menemukan museum yang cocok, lakukan pencarian untuk menemukan pameran yang tepat.

2. Pikir ulang tentang museum yang biasanya kita lihat

Tembok, atap, pintu, mungkin itu yang terlintas di pikiran ketika membayangkan museum. Tapi setidaknya, pengalaman tentang seni bisa kita temui di tempat tak terduga. Sebut saja seni mural berjalan di Filadelfia, atau pameran luar tahunan di Sarasota, Florida bagi pemula. Bahkan dari jalan sehari-hari, kita bisa menemukan seni di bangunan sekitar yang dapat kita ajarkan tentang “apa itu pergi ke museum” pada anak kita

3. Tetap interaktif

Pameran interaktif akan membuat anak-anak yang lebih besar dan orang tua untuk tetap aktif bergerak. Banyak dari kita baik muda ataupun tua, merasakan belajar terbaik adalah dengan sentuhan dan permainan. Carilah museum yang mendukung interaksi seperti itu.

4. Membuat anak untuk mulai belajar

Kita tidak harus ke Italia untuk membuat museum menjadi bagian dari jadwal perjalanan. Carilah ruang lingkup yang luas dan kecil di sekitar kita untuk menjadi bagian kunjungan dari kehidupan sang anak. Museum juga dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak-anak yang mulai beranjak besar untuk memahami kemanusiaan dari berbagai sisi.

5. Biarkan mereka menjelajah

Trik terakhir dari lima trik membesarkan anak sebagai penyuka museum adalah tinggalkan mereka untuk semakin menginginkan hal yang lebih. Setiap ruang akan menjadi membosankan ketika kita berada di sana terlalu lama. Bantu diri kita sendiri untuk tidak mengeksplor seluruh museum pada sore hari. Pilih beberapa pameran dan nikmati waktu yang ada.

(nationalgeographic.com)