Find Us On Social Media :

Cara Sederhana Mengatasi Masalah Perjalanan

By Lady Ivonne, Jumat, 9 Oktober 2015 | 06:00 WIB

Cara Sederhana Mengatasi Masalah Perjalanan

Intisari-Online.com - Kita tidak dapat menghindari jika terjadi sesuatu di perjalanan. Tapi apa langkah terburuk yang dilakukan wisatawan? "Mereka meninggalkan rumah tanpa persiapan," jawab Alex Puig dari International SOS, perusahaan yang menawarkan evakuasi darurat. Lalu, bagaimana cara sederhana mengatasi masalah perjalanan? Simak uraian berikut ini!

Dirampok

  1. Selalu jaga bawaan kita dimanapun. Bisa juga membawa tas umpan yang membawa uang kecil dan foto lama, namun tidak membuat kita ragu untuk menyerahkannya jika ada perampokan. Letakkan kartu kredit dan uang tunai di saku dalam.
  2. Serahkan dompet palsu
  3. Beritahu polisi

Kehilangan paspor

Hal yang paling penting untuk dibawa adalah paspor. Cobalah tiga hal ini untuk langkah awal. Simpan salinan yang berwarna di tempat aman seperti kamar hotel, atau tinggalkan fotokopi dengan orang terpercaya di rumah. Scan salinan sebagai file elektronik dan simpan di folder box seperti DropBox atau Google’s Drive. Fotokopi paspor, tiket pesawat, SIM, dan kartu kredit juga dapat membantu kita memverifikasikan identitas kita.

  1. Hubungi kedutaan besar atau konsulat negara kita
  2. Beritahu maskapai dan asuransi perjalanan kita jika kita perlu merubah rencana perjalanan

Kartu kredit ditolak

Kartu kredit kita kemungkinan tidak memiliki microchip yang digunakan untuk keamanan internasional, atau kartu kredit kita mungkin belum mengizinkan kita menggunakan karena adanya deteksi penipuan.

  1. Hubungi nomor telpon bebas pulsa internasional pada kartu kredit kita
  2. Beralih ke debit atau tunai

Kerusuhan

Mungkin kita akan tergoda untuk ikut melihat demonstrasi, terlebih lagi jika hal ini memuat nilai berita. Tapi tahan diri kita dan hindari aksi pemogokan, protes dan para massa.

  1. Tinggalkan area kerusuhan secepat mungkin
  2. Jangan mengambil foto. Bertindak seperti jurnalis foto dapat menempatkan kita dalam bahaya
  3. Kembali ke hotel atau pergi ke kedutaan atau konsulat terdekat. Jika kekerasan menyebar, tinggalkan negara tersebut

Penipuan

Penipuan telah lama memikat wisatawan. Salah satu cara sederhana mengatasi masalah perjalanan adalah waspada terhadap tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan, seperti bandara dan stasiun kereta.

  1. Beritahu polisi
  2. Jika menggunakan kartu kredit, bantah biayanya
  3. Laporkan penipuan secara online (facebook, twitter) untuk memperingati yang lainnya

Bencana alam

Jika kita tinggal di tempat yang kemungkinan akan terjadi bencana seperti tsunami, sebisa mungkin kita tahu tanda-tanda peringatan seperti sirene yang memeperingatkan adanya gelombang mendekat.

  1. Perhatikan peringatan resmi
  2. Mungkin lebih cerdas untuk menetap daripada berevakuasi, seperti dalam badai, carilah tempat berlindung dibanding mencoba untuk berlari lebih cepat dari badai
  3. Tinggalkan area secepat mungkin dan tunggu sampai aman untuk kembali melanjutkan perjalan

travel.nationalgeographic.com