Find Us On Social Media :

Hotel dengan Pelayan Robot di Jepang

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 10 Oktober 2015 | 07:00 WIB

Hotel dengan Pelayan Robot di Jepang

Intisari-Online.com - Sejak Juli 2015 lalu, Jepang membuka hotel pertamanya di dunia dengan hampir seluruhnya dilayani oleh robot. Memang cukup sulit dipercaya, namun itu kenyataan dan hingga kini usaha hotel robot ini dapat dikatakan sukses. Apa Anda ingin coba menginap di hotel dengan pelayan robot di Jepang ini?

Hotel yang diberi nama “Henn-na” ini terletak di taman Belanda, Huis Ten Bosch, Nagasaki. “Henn-na” berarti “hotel aneh”, karena menggunakan robot sebagai pelayan hotel. Tamu yang datang ke hotel ini dianjurkan untuk tidak ragu-ragu untuk berkomunikasi dengan robot karena robot-robot sangat ramah dan dapat bercakap dengan manusia. Namun, ada beberapa orang di sekitar hotel untuk memantau dan memastikan semua berjalan dengan baik.

Di meja resepsonis, kita bisa menemukan robot trio yang memberikan bimbingan atau panduan check-in di hotel yang memiliki 72 kamar ini. Namun, tidak semua berbentuk humanoid. Ada pula robot yang berbentuk dinosaurus yang bertugas membantu kita check-in. Semua robot sangat ramah dan sopan, mereka berbicara dalam bahasa Inggris, Korea, dan Jepang.

Untuk bagasi milik kita, akan dibawa oleh troli otomatis dan dikirim ke kamar kita. Tidak ada kartu kunci untuk setiap kamar karena pintu dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah. Suhu di kamar juga akan diatur sesuai dengan panas tubuh kita.

Setiap tempat tidur juga memiliki robot berwarna pink-putih di samping ranjang yang bertindak sebagai petugas kamar. Mereka akan memberitahu kita ramalan cuaca, waktu, dan akan menyalakan serta mematikan lampu jika kita berada di balik selimut tempat tidur.

Ada pula fasilitas perangkat tablet yang berfungsi untuk menonton tv dan memesan layanan kamar, yang disampaikan oleh robot dan kamar juga dibersihkan oleh robot.

Hampir 90% layanan hotel dapat dilakukan oleh robot. Robot telah dirancang oleh sebuah perusahaan bernama Kokoro yang telah mengembangkan “actroids” lebih dari satu dekade. Konsep hotel dengan pelayan robot di Jepang ini sendiri merupakan hasil otak dari Hideo Sawads, presiden Huis Tenbosch. (thetravelmagazine.net)