Find Us On Social Media :

Apa Tujuan dari Sikap Nasionalisme? Berikut Ini Penjelasan Lengkapnya

By Ade S, Minggu, 10 Desember 2023 | 09:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini menjelaskan apa tujuan dari sikap nasionalisme, pengertian nasionalisme, dan contoh-contoh nasionalisme di Indonesia.

Intisari-Online.com - Anda pasti pernah mendengar kata nasionalisme, baik di sekolah, media, maupun percakapan sehari-hari.

Namun, apakah Anda tahu apa tujuan dari sikap nasionalisme?

Mengapa nasionalisme penting bagi bangsa Indonesia? Bagaimana cara menunjukkan nasionalisme dalam kehidupan bermasyarakat?

Artikel ini akan membahas semua pertanyaan tersebut secara lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Nasionalisme

Melansir Kompas.com, nasionalisme adalah suatu pemahaman atau sikap politik yang dimiliki oleh masyarakat suatu bangsa yang memiliki kesatuan wilayah dan kebudayaan.

Selain itu, mereka juga memiliki cita-cita dan tujuan yang sama sehingga muncul rasa ingin menjaga negaranya, baik dari ancaman internal maupun eksternal.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan nasionalisme sebagai ajaran (paham) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri.

Kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa.

Warga negara harus memiliki sikap dan perilaku nasionalisme yang mencakup ketaatan terhadap aturan yang berlaku, penegakan hukum negara, pelestarian budaya Indonesia.

Serta kreativitas dan kecintaan terhadap produk dalam negari, dan kesiapan untuk melakukan aksi nyata membela negara.

Baca Juga: Apa yang Kalian Ketahui Tentang Paham Kebangsaan?