Find Us On Social Media :

Gerakan Menuju Smart City 2023 Resmi Ditutup, Sejumlah Kota dan Kabupaten Tampilkan Inovasi

By Sheila Respati, Jumat, 8 Desember 2023 | 11:50 WIB

Pemberian penghargaan kepada 50 kota dan kabupaten yang mengikuti Program 'Gerakan Menuju Smart City 2023'.

 

Intisari-online.com -- Sejak 2017, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyelenggarakan Gerakan Menuju Smart City (GMSC). 

Selama enam tahun pelaksanaannya, yakni 2017 hingga 2023, Kemenkominfo telah membimbing 241 kota dan kabupaten untuk menyusun rencana induk pembangunan berbasis smart city

Gerakan Menuju Smart City merupakan inisiatif untuk mendorong pengembangan kota dan kabupaten cerdas di seluruh Indonesia. Pemerintah kota dan kabupaten dibimbing untuk menyusun rencana pembangunan yang komprehensif (masterplan) berbasis enam dimensi kota cerdas, yakni dari smart governancesmart brandingsmart economysmart societysmart living, dan smart environment.

Konsep masterplan kemudian dirumuskan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tersebut dan ditinjau kembali melalui program cepat (quick wins).

Baca Juga: Jadi Program Tahunan Kemenkominfo, Apa itu Gerakan Menuju Smart City 2023?

Gerakan Menuju Smart City 2023 secara resmi telah ditutup oleh Kemenkominfo pada Kamis (7/12/2023) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan.

Dari pelaksanaan pada 2023, terdapat 50 kota dan kabupaten memperoleh penghargaan karena telah berhasil merampungkan rencana induk pembangunan berbasis kota cerdas. 

Penghargaan kepada 50 kota dan kabupaten tersebut diserahkan oleh Menteri Kemenkominfo Budi Arie Setiadi kepada para bupati dan wali kota. 

“Penghargaan ini kami berikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kota dan kabupaten yang sukses mengadaptasi teknologi untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Budi dalam kata sambutannya. 

Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart City juga turut didukung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Dukungan juga diberikan kepada Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), dan Kantor Staf Presiden (KSP).

"Kendaraan" untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045