Find Us On Social Media :

Kemenag Berikan Penghargaan Kepada Para Operator EMIS 4.0 Teladan Nasional 2023

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 7 Desember 2023 | 10:19 WIB

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Muhammad Ali Ramdhani memberikan penghargaan kepada pemenang utama User Champion EMIS 4.0 Teladan 2023

Intisari-Online.com - Melalui Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama, memberikan penghargaan kepada para operator EMIS 4.0 Teladan Nasional 2023.

Dalam rilisnya, Kemenag mengatakan, program ini adalah wujud apresiasi kepada para operator data pada sistem pengelolaan data pokok Pendidikan Islam khususnya Pendidikan Madrasah.

Ada sembilan operator data (User Champion) Education Management Information System (EMIS)yang berasal dari madrasah, kabupaten/kota dan provinsi, yang berhasil meraih penghargaan tersebut.

Mereka mengalahkan 675 operator EMIS lainnya yang direkomendasikan dari seluruh Indonesia.

Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, mengatakan, kompetisi User Champion EMIS 4.0 Teladan 2023 merupakan bentuk pengakuan atas kinerja dan prestasi para operator sebagai garda terdepan pendidikan madrasah.

Mereka memastikan suguhan data pendidikan madrasah yang valid dan berkualitas.

Sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembangunan Pendidikan Madrasah secara matang dan tepat.

"Tak dapat dipungkiri, semua kerja, terutama yang terkait perencanaan strategis, pengambilan keputusan dan penyusunan kebijakan, mutlak harus berbasis data, bukti, dan pengetahuan yang teruji," kata Dhani di Jakarta pada Selasa (5/12) kemarin.

"Tidak dapat ditunda lagi, manajemen big data harus bertransformasi ke arah digitalisasi dan menuju tata kelola yang semakin terpadu."

Dia juga menambahkan, transformasi digital dan pemutakhiran sebuah perangkat, harus diiringi dengan pembentukan digital culture.

“Kita tidak boleh mengabaikan suatu hal yang saat ini telah menjadi sebuah keniscayaan, dan ini perlu dikawal dengan program manajemen perubahan yang terencana baik,” ujar pria yang juga Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.

Di sisi lain, Kemenag, melalui program tersebut, berharap kegiatan ini menjadi titik rekonsiliasi di antara User Champion serta para pihak yang terkait tata kelola EMIS, dan menjadi pemicu getuk tular kemampuan mereka kepada yang lain.