Find Us On Social Media :

Menikmati Keindahan Fushimi Inari, Kuil Seribu Gerbang di Kyoto

By Arnaldi Nasrum, Kamis, 26 November 2015 | 08:00 WIB

Menikmati Keindahan Fushimi Inari, Kuil Seribu Gerbang di Kyoto

Intisari-Online.com - Kyoto memang dikenal sebagai surga untuk wisata kuil dan museum. Hampir di setiap distrik, kuil ataupun museum akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Bentuk dan coraknya pun berbeda-beda, mewakili sejarah dan kearifan lokal masing-masing daerah yang telah melewati perjalanan waktu puluhan abad yang lalu.

Salah satu kuil yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kyoto adalah Fushimi Inari. Ini adalah kuil shinto yang membuat siapapun tergoda dengan keindahan ribuan gerbang (torii) berwarna oranye yang tersusun rapi. Letaknya yang berada di kaki gunung Inari membuat gerbang-gerbang tersebut tampak seperti ular yang berkelok menyusuri lereng gunung dengan warnanya yang sangat mencolok.

 

Ketika berkunjung ke sini, sempatkanlah untuk menjelajahi jalur pendakiannya. Dengan tinggi sekitar 233 meter, Fushimi Inari akan menjadi spot terbaik untuk melihat pemandangan Kyoto dari puncaknya. Apalagi, ketika dilakukan saat pagi hari, warna biru langit yang menyatu dengan bukit yang hijau dan disertai dengan gerbang oranye yang mencolok akan menjadi pemandangan yang tidak dapat ditemukan di tempat lainnya. Keramahan dan ketenangan kota Tokyo akan semakin terasa.

Yang tak kalah menarik adalah arsitektur bangunan Fushimi Inari yang sangat menakjubkan. Meski  dibangun sudah sejak lama, tahun 711, kuil ini tetap kokoh dan masih menunjukkan corak bangunannya yang khas. Membuat siapa saja yang berkunjung akan merasakan suasana religius atas dedikasi kuil Fushimi Inari untuk Dewa Inari atau Dewa Padi dalam ajaran Shinto.

Dalam sejarahnya, kuil yang ada di Kyoto sekarang ini dibangun pada tahun 1499 setelah bangunan sebelumnya habis terbakar akibat terjadi Perang Ōnin. Nah, sejak abad ke-17, penganut kuil Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii. Tak heran, jika jumlahnya kemudian begitu banyak.

Oh ya, rubah adalah hewan yang menjadi simbol kuil Fushimi Inari. Ketika baru saja melewati gerbang besar saat masuk ke kuil ini, pengunjung akan disambut dengan patung rubah di kedua sisi jalan. Tampak mengagumkan. Patung rubah ini akan banyak dijumpai ketika mengelilingi kuil Fushimi Inari.

 

Fushimi Inari adalah kuil yang indah dan selalu menjadi favorit para pelancong. Tak pernah bosan untuk menyaksikan salah satu peninggalan bersejarah ini. “Mungkin seperti Candi Borobudur yang selalu menjadi pemandangan indah bagi pengunjungnya,” lirih saya dalam hati ketika hendak meninggalkan kuil Fushimi Inari.