Find Us On Social Media :

Mengapa Kita Harus Membuat Jurnal Perjalanan?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 27 Desember 2015 | 14:00 WIB

Mengapa Kita Harus Membuat Jurnal Perjalanan?

Intisari-Online.com - Jurnal perjalanan menjadi sesuatu yang dapat disimpan dan dikenang dari perjalanan yang kita telah kita lakukan. Entah kita sering traveling ataupun tidak, namun junal perjalanan harus kita buat. Yang perlu diketahui adalah ada beberapa alasan mengapa kita harus membuat jurnal perjalanan, apa sajakah itu?

Ketika kita mengunjungi beberapa kota, Negara, atau tempat, termasuk merasakan makanan khas suatu tempat, maka jurnal perjalanan dapat menjadi sesuatu yang terbaik untuk menyimpan seluruh gambar hingga cerita yang dapat menjadi kenangan kita.

Dengan membuat jurnal perjalanan, kita dapat termotivasi untuk melakukan perjalanan lagi dan lagi. Kita akan lebih bersemangat untuk mengisi halaman-halaman berikutnya dengan catatan perjalanan di lain tempat. Kita juga bisa menulis nama-nama tempat yang ingin kita kunjungi pada halaman kosong agar kita selalu ingin mewujudkan perjalanan ke sana.

Jurnal perjalanan dapat menjadi panduan perjalanan untuk orang lain. Dari jurnal perjalanan yang kita punya, orang lain dapat melihat gambar atau foto serta kisah kita di suatu tempat, sehingga mereka dapat memiliki ide-ide untuk rencana perjalanan yang akan mereka lakukan.

Dalam jurnal perjalanan juga dapat kita tulis mengenai teman-teman baru yang kita jumpai, termasuk nomor telpon dan alamat emailnya agar suatu saat dapat kita hubungi, sehingga tetap menjaga hubungan baik. Kita tidak akan pernah tahu entah kapan kita akan membutuhkan mereka untuk suatu hal yang penting.

Menulis tentang apa yang kita alami dan apa yang kita rasakan ketika bepergian ke suatu tempat, mulai dari berangkat menggunakan kereta api atau pesawat, hingga kejadian yang tidak terduga di sekitar kita selama perjalanan dapat menjadi catatan sejarah pribadi kita. Ini selanjutnya dapat melatih teknik menulis kita.

Secara keseluruhan, mengapa kita harus membuat jurnal perjalanan adalah untuk kenangan, Tidak menutup kemungkinan, suatu saat kita akan menunjukkan jurnal tersebut kepada anak dan cucu kita tentang kenangan indah dalam hidup kita.