Find Us On Social Media :

Yogyakarta, Bandung, dan Bali Jadi Destinasi Terpopuler untuk Liburan Akhir Tahun 2015

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 30 Desember 2015 | 09:30 WIB

Yogyakarta, Bandung, dan Bali Jadi Destinasi Terpopuler untuk Liburan Akhir Tahun 2015

Intisari-Online.com – Menjelang momen tahun baru, kebanyakan orang akan memilih kota favoritnya untuk menjadi tempat menikmati perayaan pergantian tahun. Pemilihan tempat ini tentu saja disesuaikan dengan panorama alam dan bentuk perayaan tahun baru yang akan digelar. Berkaitan dengan itu, ada sejumlah kota yang menjadi destinasi favorit untuk perayaan tahun baru 2016 di Indonesia.

Merujuk pada studi dari 5 juta pengguna aplikasi mobile Traveloka selama November hingga Desember 2015, Yogyakarta, Bandung, dan Bali menjadi destinasi domestik terpopuler yang paling banyak untuk menghabiskan liburan akhir tahun 2015. Sementara, Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok menjadi destinasi terpopuler untuk tujuan internasional.

Dalam studi ini diketahui juga bahwa 50% wisatawan Indonesia ternyata melakukan pemesanan hotel 7 hari sebelumnya hingga di hari yang sama saat liburan (spontaneous travel), sementara separuh sisanya memesan hotel lebih dari 8 hari sebelum liburan.

“Dari data tersebut menunjukkan antusiasme wisatawan Indonesia dalam menyambut liburan akhir tahun 2015 yaitu dengan mempersiapkan akomodasi liburannya sejak jauh-jauh hari,” kata CEO Traveloka, Ferry Unardi, melalui siaran pers, Selasa (29/12).

Secara umum, mayoritas wisatawan Indonesia hanya menghabiskan selama 1-2 malam untuk berlibur di akhir tahun 2015. Hal ini dapat dilihat dari 40% wisatawan Indonesia yang menghabiskan liburan untuk 1 malam dan 45% lainnya memesan untuk 2 malam. Hanya 10% wisatawan yang merencanakan liburan selama 3 malam dan 5% sisanya memilih menetap untuk 4 malam atau lebih di hotel. (Kontan)