Find Us On Social Media :

Alhamdulillah Dapat Rp400.000, Bansos El Nino Masih Bisa Dicairkan Bulan Desember 2023 Lho

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 26 November 2023 | 07:42 WIB

Bansos El Nino cair Rp400.000 untuk November dan Desember, ditujukan kepada sekitar 18 juta keluarga penerima manfaat yang terdampak.

Intisari-Online.com - Bagi KPM yang belum mencairkan bansos El Nino, masih bisa mencairkannya di bulan Desember 2023.

Bansos El Nino sendiri merupakan bansos yang disalurkan pemerintah untuk mengantisipasi fenomena El Nino yang menerjang sebagian wilayah Indonesia.

Bansos ini khusus disalurkan pada November dan Desember 2023.

Seperti disebut di awal, program bantuan sosial El Nino dirancang untuk mendukung 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total dana yang dialokasikan sebesar Rp7,52 triliun.

Bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan akan diberikan untuk bulan November dan Desember 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan bahwa penyaluran dana akan dilakukan melalui transfer tunggal sebesar Rp400.000 untuk kedua bulan tersebut, dengan Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai eksekutor.

"Kita transfer satu kali sehingga langsung untuk dua bulan sekaligus Rp400 ribu bagi 18,8 juta KPM, eksekutornya Kemensos," ujar Sri Mulyani, Senin 6 November 2023 silam.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, dalam kunjungannya ke Gudang Bulog Rawang Timur, Padang, Sumatra Barat, menekankan BLT El Nino sebagai bantuan agar daya beli masyarakat meningkat.

Cara Cek Penerimaan BLT El Nino

1. Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id, masukkan informasi pribadi dan wilayah, lalu isi kode verifikasi.

2. Unduh aplikasi "Cek Bansos" dari platform yang tersedia, lakukan pendaftaran dan verifikasi identitas, dan gunakan fitur pencarian status.

Dengan penyediaan bantuan ini, diharapkan dapat meringankan beban keuangan masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi keluarga di Indonesia.