Find Us On Social Media :

35 Contoh Ucapan Selamat Hari Guru Nasional, Singkat Namun Menyentuh

By Ade S, Jumat, 24 November 2023 | 22:03 WIB

Ilustrasi. Ingin mengucapkan selamat Hari Guru Nasional? Simak 35 contoh ucapan selamat Hari Guru Nasional yang singkat namun menyentuh berikut ini.

Intisari-Online.com - Hari Guru Nasional adalah hari yang spesial untuk mengapresiasi jasa-jasa guru dalam dunia pendidikan.

Tidak perlu ucapan yang panjang dan rumit, cukup dengan ucapan yang singkat namun menyentuh, kita sudah bisa membuat guru-guru kita tersenyum bahagia.

Berikut ini adalah 35 contoh ucapan selamat Hari Guru Nasional yang bisa Anda gunakan untuk mengucapkan selamat kepada guru-guru Anda.

Sejarah Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 November.

Menurut sumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, tanggal tersebut merupakan hari berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang terjadi pada tahun 1945.

Namun sebelumnya, organisasi ini memiliki nama yang berbeda, yaitu Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912. PGHB merupakan organisasi yang menaungi seluruh kepala sekolah, guru desa, guru bantu, dan perangkat sekolah lainnya.

Nama PGHB kemudian berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932. Namun, Belanda yang saat itu menjajah Indonesia, tidak menyetujui penggunaan nama “Indonesia” dalam PGI karena merasa terancam.

Saat Jepang menguasai Indonesia, PGI tidak diperbolehkan beraktivitas. Setelah Indonesia merdeka, PGI mengadakan Kongres Guru Indonesia yang pertama di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 24 – 25 November 1945.

Salah satu hasil dari kongres tersebut adalah keputusan untuk menghilangkan segala perbedaan suku, ras, agama, politik, dan lainnya agar bersatu menjadi Indonesia dalam naungan PGRI.

PGRI akhirnya mendapatkan pengakuan resmi melalui Keputusan Presiden No. 8 Tahun 1994 sekaligus menetapkan Hari Guru Nasional.

Baca Juga: 35 Ucapan Hari Guru Singkat dari Anak SD yang Menyentuh Hati