Find Us On Social Media :

Traveling Bersama Anak Memiliki Banyak Manfaat, Loh! (1)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 7 Februari 2016 | 08:00 WIB

Traveling Bersama Anak Memiliki Banyak Manfaat, Loh! (1)

Intisari-Online.com - Sebagian orang tua akan berpikir dua kali untuk mengajak anak-anaknya pergi berlibur. Bayangan mengenai kerepotan yang akan terjadi karena si kecil sering muncul. Namun, tahukah kita bahwa ternyata traveling bersama anak memiliki banyak manfaat?

1. Melihat tempat dari perspektif yang berbeda

Tempat tujuan dapat dilihat dari perspektif yang berbeda-beda tergantung dengan siapa kita mengunjunginya. Misalnya, ketika kita pergi ke suatu negara hanya bersama suami atau istri kita, maka akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika kita pergi bersama anak-anak. Mungkin kita hanya akan mengunjungi tempat-tempat yang itu-itu saja berdasarkan pengalaman orang lain. Namun, ketika kita bersama anak, kita bisa mengunjungi tempat yang diinginkan anak yang justru belum kita ketahui sebelumnya.

2. Mengajarkan anak hal yang tidak ada di ruang kelas dan buku pelajaran

Traveling bersama anak akan memberikan mereka pengalaman dan pelajaran banyak hal yang tidak mereka temui di kelas. Mereka dapat melihat bahkan mengalami secara nyata tentang pelajaran, misalnya etika atau budaya, penanganan dokumen, dan lainnya. Bahkan anak-anak dapat belajar tentang kesabaran, toleransi, beradaptasi, tanggung jawab, dan kebaikan. Anak pun dapat mempraktekkan pejalaran yang sering mereka dapat di kelas.

3. Orang tua tidak memiliki waktu yang membosankan

Ketika traveling bersama anak-anak, kita tidak akan merasa bosan dan tidak akan rindu pada mereka sepanjang perjalanan. Suasana akan lebih ceria dan meriah karena kehadiran anak-anak dengan tingkah lucu mereka. Kita juga tidak akan khawatir memikirkan anak yang kita tinggalkan di rumah karena anak selalu bersama kita selama traveling.

4. Memiliki kenangan bersama anak yang tidak terlupakan

Ketika melakukan perjalanan bersama anak-anak dan keluarga, secara tidak sadar kita telah membuat kenangan seumur hidup yang tidak terlupakan. Kita dapat bernostalgia tentang perjalanan bersama anak ketika mereka masih kecil.