Find Us On Social Media :

Arti Kain Kuning di Kalimantan, Benarkah Ada Pesan Tersirat?

By Ade S, Minggu, 19 November 2023 | 05:03 WIB

Ilustrasi. Apa arti kain kuning di Kalimantan? Artikel ini menjelaskan pesan tersirat yang ingin disampaikan oleh orang dahulu melalui kain kuning.

Intisari-Online.com - Anda mungkin pernah melihat kain kuning yang menghiasi tempat-tempat sakral di Kalimantan, seperti makam atau pohon.

Tahukah Anda apa arti kain kuning di Kalimantan? Apakah kain kuning itu hanya sekadar hiasan atau ada makna yang lebih dalam?

Artikel ini akan mengungkap pesan tersirat yang terkandung dalam kain kuning itu.

Anda akan mengetahui bagaimana orang dahulu menggunakan kain kuning sebagai simbol untuk menjaga lingkungan dan budaya mereka.

Anda juga akan mengetahui alasan mengapa kain kuning itu sering diletakkan di pohon-pohon besar.

Arti kain kuning di Kalimantan

Tempat-tempat sakral seringkali menggunakan kain kuning sebagai simbol, baik itu di makam orang yang dimuliakan atau di pohon-pohon yang dianggap keramat oleh masyarakat.

Orang dahulu ternyata memiliki pesan tersendiri yang ingin disampaikan kepada masyarakat melalui penempatan kain kuning itu.

Hal ini dijelaskan oleh Nasrullah, Dosen mata kuliah masyarakat dan kebudayaan Kalimantan prodi sosiologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat, bahwa ada pesan yang tersirat di balik kain kuning itu.

Yaitu bahwa tempat itu harus dijaga.

Baca Juga: Arti Warna Putih pada Bendera Palestina, Samakah dengan Indonesia?