Find Us On Social Media :

Uniknya Angkot Modifikasi di Padang

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 1 Maret 2016 | 16:00 WIB

Uniknya Angkot Modifikasi di Padang

Intisari-Online.com – Angkutan Kota (angkot) memang masih menjadi pilihan transportasi di berbagai wilayah di Indonesia. Bentuknya juga rata-rata sama, hanya berbeda nama dan tujuan saja. Namun ada yang unik dengan angkot di Padang, Sumatera Barat.

Angkot di Padang sangat unik karena dimodifikasi habis-habisan. Bukan sekadar modifikasi, angkot diubah sebagai transportasi yang beda dari biasanya. Bayangkan saja, angkot dengan tariff tak seberapa itu dihiasi dengan interior yang tak biasa. Mulai dari sound system, TV, DVD, hingga CCTV menjadi hal biasa pada angkot-angkot di Padang.

Biasanya angkot di Padang dihias dengan modis untuk menarik perhatian penumpang. Umumnya penumpang lebih tertarik untuk naik angkot modis yang sudah dimodifikasi. Bahkan keuntungan sopir angkot per hari juga berbeda dengan angkot yang polos alias tidak dimodifikasi.

Lagu diputar dalam angkot dengan suara yang lumayan keras, diikuti dengan lampu-lampu menambah hingar binger suasana angkot. Mulai lagu Minang hingga musik rock bebas dikumandangkan. Saking eye catchingnya, orang-orang yang perdana ke Padang pasti akan terpana. Seolah-olah melihat konsep Fast and The Furios versi angkot.

Apalagi di malam hari. Lampu warna warni ditambah musik hip-hop terdengar dari angkot-angkot. Seperti hiburan berjalan, fasilitas ini tampak mewah dibanding tarifnya yang tidak sampai lima ribu rupiah. Modifikasi angkot juga dilakukan agar sopir-sopir semakin percaya diri untuk memenangkan hati penumpang. Mereka lebih bangga jika angkutan yang mereka kendarai bagus dari segi modifikasinya. Setoran angkot juga meningkat jika angkot dimodifikasi.

Anak-anak remaja di Padang juga merasa lebih gaul kalau menggunakan angkot modifikasi. Itulah sebabnya, para pemilik angkot tak segan merogoh kocek dan berlomba-lomba memodifikasi angkot. Kalau berkunjung ke Padang, selain makan rendang, cobalah angkot modifikasinya. Kalau beruntung, bisa dapat angkot dengan mini bar di dalamnya. Uniknya!