Find Us On Social Media :

Alhamdulillah, Jika Syarat Ini Terpenuhi Anda Bisa Dapat BLT Rp400 Ribu dari Jokowi

By Afif Khoirul M, Rabu, 8 November 2023 | 14:35 WIB

Ilustrasi - Syarat mendapatkan BLT EL Nino 2023.

Intisari-online.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino adalah program yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh fenomena alam El Nino.

Fenomena ini berpotensi menyebabkan kekeringan, kebakaran hutan, gagal panen, dan menurunkan daya beli masyarakat, terutama yang bergerak di sektor pertanian.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan bahwa setiap keluarga yang terdampak langsung oleh El Nino akan menerima bantuan finansial sebesar Rp400 ribu.

Bantuan ini akan dicairkan dalam dua tahap, yaitu pada bulan November dan Desember 2023, dengan masing-masing sebesar Rp200 ribu.

Namun, tidak semua keluarga bisa mendapatkan BLT El Nino ini. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa menjadi penerima manfaat dari program ini.

Berikut adalah syarat-syaratnya:

1. Keluarga harus terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kementerian Sosial sebagai keluarga penerima bantuan sembako.

2. Keluarga harus tinggal di wilayah yang terdampak langsung oleh El Nino, seperti daerah yang mengalami kekeringan, kebakaran hutan, atau gagal panen.

3. Keluarga harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai bukti identitas.

Jika Anda memenuhi syarat-syarat di atas, Anda bisa mengecek status kepesertaan Anda melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh dari toko aplikasi smartphone Anda.

Anda juga bisa menghubungi layanan bantuan Kementerian Sosial atau mengunjungi kantor desa dan kelurahan terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Alhamdulillah Dapat Rp400.000, 18,8 Juta Keluarga Akan Mendapatkan Rezeki BLT El Nino November-Desember