Find Us On Social Media :

Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial yang Terjadi di Masyarakat Lingkungan Tempat Tinggal dan Contohnya

By Ade S, Senin, 6 November 2023 | 10:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini akan jelaskan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat lingkungan tempat tinggal dan contoh dari masing-masing bentuknya.

Intisari-Online.com - Mungkin Anda pernah pindah rumah, berganti pekerjaan, naik jabatan, atau mengalami hal lain yang mempengaruhi status dan peran Anda.

Hal-hal tersebut merupakan contoh dari mobilitas sosial, yaitu perubahan kedudukan warga masyarakat kelas sosial yang satu ke kelas sosial yang lain.

Dalam artikel ini, kami akan jelaskan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat lingkungan tempat tinggal dan contoh dari masing-masing bentuk mobilitas sosial.

Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat memahami lebih baik tentang dinamika sosial di sekitar Anda.

Apa itu Mobilitas Sosial?

Mobilitas sosial adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perubahan posisi sosial yang dialami oleh individu atau kelompok dalam stratifikasi sosial.

Mobilitas sosial berarti adanya pergerakan naik atau turun dalam hierarki sosial yang mempengaruhi status dan peran seseorang atau kelompok.

Menurut KBBI, mobilitas sosial adalah perubahan kedudukan warga masyarakat kelas sosial yang satu ke kelas sosial yang lain.

Melansir Gramedia.com, ada beberapa ahli yang memberikan definisi tentang mobilitas sosial, antara lain:

1. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, mobilitas sosial adalah pergerakan dari satu posisi sosial ke posisi sosial lainnya.

Baca Juga: Contoh dari Masing-masing Kegiatan Ekonomi yang Ada di Sekitar Lingkungan Tempat Tinggal