Find Us On Social Media :

Spons Pencuci Piring Harus Dikeringkan

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 16 Maret 2012 | 10:00 WIB

Spons Pencuci Piring Harus Dikeringkan

Intisari-Online.com – Dapur adalah suatu tempat di dalam rumah untuk melakukan aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan atau pangan. Seperti ruang lainnya di dalam rumah yang perlu dibersihkan, dapur juga perlu diperhatikan kebersihannya terlebih selain digunakan untuk mengolah makanan juga merupakan tempat pencucian dan penyimpanan alat makan dan masak agar bebas dari mikroorganisme pembawa penyakit.

Mikroorganisme Staphylococcus aureus dan Pseudomonas spp dapat menyebabkan berbagai penyakit. Mereka dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat pada:

Sayangnya, banyak dari kita yang belum mengetahui dan memahami hal tersebut. Beberapa kebiasaan masyarakat harus diperbaiki,  antara lain:

“Khusus untuk spons pencuci piring  setelah dipakai, tidak direndam, tetapi dikeringkan. Kalaupun harus direndam, rendamlah dengan cairan pencuci piring anti bakteri,” demikian dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Rachmadhi Purwana, ahli kesehatan masyarakat Universitas Indonesia, dalam seminar tentang "Higienitas & Sanitasi Dapur, Peralatan Makan dan Masak, Salah Satu Kunci Tingkatkan Kualitas Kesehatan."