Find Us On Social Media :

Higienitas dan Sanitasi Dapur

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 11 April 2012 | 15:20 WIB

Higienitas dan Sanitasi Dapur

Intisari-Online.com – Dapur merupakan tempat yang untuk melakukan aktivitas mengolah dan meyediakan bahan makanan atau pangan. Seperti halnya ruangan lain, perlu diperhatikan kebersihannya. Karena selain digunakan untuk mengolah makanan, dapur juga sebagai tempat pencucian dan penyimpanan alat makan dan masak agar bebas dari mikroorganisme pembawa penyakit.

Untuk membersihkan dapur kita bisa menghilangkan kontaminan yang kasat mata (misalnya, sisa makanan dari meja, bak cuci piring, perabot masak, perabot santap, dll, dengan air dan sabun pencuci piring). Juga menghilangkan mikroorganisme (bakteri, dll) dengan proses pembersihan, tapi tidak untuk mematikan mikroorganisme.

Setelah proses tadi, kita bisa menyucihamakan dapur dengan melakukan proses pemusnahan mikroorganisme menggunakan panas atau zat kimia sehingga jumlah mikroorganisme berkurang. Sebelum disucihamakan, permukaan harus dibersihkan (dari sisa makanan, sabun, lemak) agar sanitasi efektif.

Agar memudahkan tindakan menjaga kebersihan dan sanitasi dapur tadi, maka dapur harus memenuhi beberapa syarat seperti mudah dibersihkan dan/atau disanitasikan, masalah penyediaan air bersih, tempat pembuangan air kotor, tempat sampah bertutup dan tahan basah, sirkulasi udara, pencahayaan dalam dapur, tempat khusus mencuci tangan dan sabun, toilet dan kamar mandi untuk penjamah makanan, serta pemeliharaan perabot dan perlengkapan dapur.

Dapur yang sehat akan dapat menyajikan makanan yang sehat. Tentunya akan memberi kesehatan pula bagi yang mengonsumsinya.