Find Us On Social Media :

Polusi Udara Turunkan Bobot Bayi

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 19 Mei 2012 | 14:31 WIB

Polusi Udara Turunkan Bobot Bayi

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian yang dilakukan di Perth, Australia, menunjukkan ibu yang tinggal di daerah pinggiran kota dengan emisi lalu lintas rata-rata akan melahirkan bayi mereka 58 gram lebih ringan daripada berat rata-rata bayi yang diharapkan. Berat rata-rata bayi yang diharapkan saat lahir adalah 3,5 kg. (Berat rata-rata bayi normal adalah 2,5 – 4 kg).

Penelitian ini didasarkan pada catatan dari 1.800 wanita hamil dan bayi mereka yang tinggal di daerah pinggiran kota dengan kegiatan industri rendah – yang merupakan kombinasi dari jalan raya sibuk dan cukup jalan. Bayi lahir dengan berat badan rendah adalah mereka yang lahir dari ibu yang terpapar asap rokok selama kehamilan.

Epidemiologi dari Uwa, Gavin Pereira, mengatakan para peneliti dapat menghitung kadar karbon monoksida di sekitar rumah ibu sampai saat mereka melahirkan. Hasil penelitian ini berdasarkan pada berat tubuh bayi tanpa dipengaruhi oleh faktor lain, seperti diabetes yang mempengaruhi ibu. Pereira mengatakan, para peneliti terkejut akan hasil ini karena bayi dalam rahim diasumsikan dilindungi.

Hasil penelitian ini lebih lanjut menunjukkan, meskipun tingkat kualitas udara dalam standar yang tepat, tapi mungkin kualitas tidak memperhitungkan posisi dengan jalan raya. Karena itu, membuka kemungkinan untuk dibahas penentuan jarak antara rumah dengan jalan utama. Secara umum, harus ada upaya berkelanjutan untuk mengurangi emisi kendaraan dengan meningkatkan penggunaan transportasi umum dan teknologi mesin pembersih.

Pereire juga menemukan, polusi lalu lintas di Perth meningkatkan risiko anak terkena asma hingga 70%. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Western, Australia dan Telethon Institute of Child Health Research, diterbitkan di Wednesday’s Australian and New Zealand Journal of Public Health.