Find Us On Social Media :

Apa Latar Belakang Terjadinya Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928?

By Ade S, Sabtu, 28 Oktober 2023 | 06:03 WIB

Ilustrasi. Simak artikel ini untuk mengetahui apa latar belakang terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda, yang merupakan puncak dari pergerakan kebangsaan Indonesia.

Intisari-Online.com - Peristiwa Sumpah Pemuda adalah salah satu momen yang sangat berarti dalam sejarah bangsa Indonesia.

Pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda dari berbagai organisasi, suku, agama, dan daerah bersatu dalam satu tekad untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Namun, apa latar belakang terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda ini? Apa yang mendorong para pemuda untuk mengucapkan sumpah yang mengikat mereka sebagai satu bangsa?

Artikel ini akan membahas faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa tersebut.

Anda akan menemukan informasi yang menarik dan mendalam tentang peristiwa yang menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia ini.

Latar belakang Sumpah Pemuda

Melansir Kompas.com, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi munculnya masa pergerakan kebangsaan, yaitu suatu periode yang sangat kritis dalam sejarah perjuangan bangsa.

Salah satu peristiwa yang sangat bersejarah dan monumental dalam periode pergerakan kebangsaan ini adalah Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda merupakan klimaks dari sebuah perjuangan untuk menyatukan seluruh bangsa menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Menurut situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, beberapa faktor yang menjadi latar belakang terjadinya Sumpah Pemuda antara lain:

Baca Juga: 35 Kata-kata Sumpah Pemuda Singkat, Cocok Banget untuk jadi Caption