Find Us On Social Media :

Peta untuk Menghitung Jejak Karbon

By Ade Sulaeman, Rabu, 10 Oktober 2012 | 15:08 WIB

Peta untuk Menghitung Jejak Karbon

Intisari-Online.com - Banyak pihak yang mencoba untuk menghitung jejak karbon yang hasilkan masing-masing orang, seperti melalui kalkulator karbon yang terdapat di situs-situs daring. Nah, sekarang, sebuah program bertujuan untuk melakukan hal yang sama, namun dalam skala yang lebih besar, yaitu seluruh kota.

Program yang diberi nama Hestia ini mampu untuk menentukan jumlah emisi yang dihasilkan oleh suatu lingkungan, termasuk jalan dan gedung yang berukuran besar. Pembuat Hestia berharap pemetaan super-tepat mereka mampu membantu perancang kota dalam menentukan cara untuk mengurangi jejak karbon yang dihasilkan kota tersebut.

“Dengan menggunakan Hestia, kita dapat menyediakan sebuah gambaran tiga dimensi yang lengkap mengenai dimana, kapan dan bagaimana emisi karbon dioksida dihasilkan,” ujar Kevin Gurney, pakar lingkungan dari Arizona State University, Amerika Serikat, yang mengarahkan proyek Hestia ini.

Hestia juga menawarkan informasi praktis yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi cara yang paling efektif dan efisien untuk mengurangi emisi dan memantau perkembangan upaya tersebut sepanjang waktu.

Menurut T. J. Blasing, pakar lingkungan dari Oak Ridge National Laboratory in Tennessee, para pengambil kebijakan dari Indianapolis, Los Angeles, dan Phoenix telah melihat data dari Hestia. Ketiga kota ini memang menjadi wilayah pertama yang digunakan para pembuat Hestia untuk membuat peta.

Model yang dibuat Hestia menggunakan data publik yang tersedia, seperti penilaian properti dan pengukur polusi udara, untuk membuat perkiraan. Untuk menghitung jumlah karbon dari masing-masing gedung, mereka membuat perkiraan berdasarkan ukuran gedung, usia serta sumber tenaga.

Sedangkan untuk mengukur jejak karbon yang dihasilkan di jalan raya, Hestia melihat catatan kemacetan serta data jenis dan tahun pembuatan mobil yang beredar berdasarkan data dari lembaga pembuat STNK di kota tersebut.

Untuk memastikan ketepatan perkiraan yang mereka buat, Gurney dan timnya membandingkan jumlah yang diperoleh Hestia untuk Indianapolis dengan data teraktual tentang jumlah penggunaan gas yang dimiliki perusahaan gas. Ternyata hasilnya tidak jauh berbeda.

Saat ini tim Hestia sedang membangun sebuah situs yang memungkinkan penduduk Indianapolis, Los Angeles dan Phoenix untuk mengirimkam jumlah tagihan listrik mereka. Hal ini akan sangat membantu tim Hestia dalam membuat pemetaan yang lebih spesifik. (TechNewsdaily)