Find Us On Social Media :

Pupuk Cair Sabut Kelapa

By Litawati, Minggu, 30 Desember 2012 | 18:11 WIB

Pupuk Cair Sabut Kelapa

Intisari-Online.com - Untuk kita yang memiliki hobi bercocok tanam, memberikan pupuk pada tanaman-tanaman yang kita cintai merupakan suatu keharusan agar mereka dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang maksimal (jika tanaman itu merupakan tanaman buah).

Kebutuhan akan pupuk merupakan salah satu hal yang harus dipikirkan dan disediakan anggarannya. Untuk meringankan biaya yang dikeluarkan, kita kerap kali berupaya membuat pupuk sendiri. Pupuk tersebut dapat berupa pupuk padat maupun pupuk cair. Pembuatan pupuk cair tidak memakan waktu yang cukup lama. Cukup beberapa hari saja, kita sudah bisa mendapatkan pupuk cair. Namun tak jarang pupuk cair yang dihasilkan mengeluarkan aroma yang cukup menyengat.

Pupuk cair yang terbuat dari sabut kelapa merupakan salah satu pupuk cair yang tidak menimbulkan aroma yang menyengat, namun hasilnya cukup mengembirakan, bagaimana cara membuatnya? Yuk… kita coba bersama!

Bahan:

Cara Pembuatan:

  1. Bersihkan sabut kelapa.
  2. Masukkan ke dalam drum atau ember.
  3. Isi dengan air hingga sabut kelapa terendam.
  4. Tutup dan diamkan selama 15 hari atau hingga air berubah warna menjadi kecokelatan.

Gunakan dengan cara disiram ke tanaman dengan perbandingan 3:1 (3 liter air sabut dan 1 liter air biasa) 10 hari sekali.

Selamat bercocok tanam.