Find Us On Social Media :

Tren Teknologi Hijau 2013

By Jeffrey Satria, Senin, 21 Januari 2013 | 14:41 WIB

Tren Teknologi Hijau 2013

Intisari-Online.com - Pergantian tahun menandakan pergantian tren. Kali ini giliran para ahli teknologi lingkungan membaca prediksi tren melalui bola kristal mereka.

Dallas Kachan, pendiri Kachan & Co., firma riset dan konsultasi berbasis teknologi bersih di San Fransisco, memberikan prediksi mengenai tren teknologi hijau pada tahun ini. Inilah prediksi Kachan.

  1. Para pemodal ventura tak akan pernah tertarik.

    Kekurangan dana memang kerap jadi penghambat bagi perusahaan-perusahaan yang ingin berinovasi pada teknologi-teknologi hijau dan bersih. Beberapa inovator kemudian melirik pada pemodal ventura. Sayangnya, dari tahun ke tahun pemodal ventura tak pernah tertarik untuk memberikan dana pada pengembangan teknologi hijau dan bersih. Mereka menganggap, pengembangan teknologi semacam itu memakan waktu terlalu lama, dan sangat berisiko. Kachan menyatakan, daripada berlama-lama membujuk pemodal ventura, lebih baik datang pada korporasi besar yang menaruh perhatian pada inovasi semacam.

  2. Panen tenaga dari matahari dan angin akan terhambat.

    Oke, mari kita akui, memanen tenaga dari matahari dan angin belum begitu populer di Indonesia. Namun lain halnya di beberapa negara maju lainnya. Walau begitu, kemajuan pembangkit listrik baik dari matahari dan angin di negara maju tampaknya akan terhambat. Pasalnya, setiap turbin dan panel surya tidak dilengkapi dengan penampung tenaga yang cukup. Kapasitas penampung tenaga menjadi krusial, agar dapat menyeimbangkan penawaran dan permintaan pasar.

  3. Kembalinya batu bara bersih.

    Batu bara bersih terkenal sebagai barang yang naik turun persediaannya. Namun Cina sebagai raksasa ekonomi dunia melihat hal ini sebagai suatu prospek. Saat ini, mereka memusatkan penelitiannya untuk meningkatkan produksi batu bara bersih. Hal ini, menurut Kachan, memungkinkan adanya stok bahan pembakaran bersih yang berlimpah di masa depan.

  4. Mobil listrik, tunggu giliran kalian.

    Walau digadang sebagai kendaraan bersih masa depan, mobil listrik tampaknya akan menjalani jalan terjal pada tahun 2013. Pasalnya, mesin pembakaran internal yang kini banyak dipakai makin sempurna dan menghasilkan pembakaran yang efisien dan rendah emisi. Jadi, mobil listrik sebaiknya tunda dulu penampilan kalian.

  5. Pertambangan hijau, mungkinkah?

    Bagi industri paling jorok, mengadopsi teknologi hijau bisa menambah nilai tersendiri. Menurut Kachan, banyak teknologi pada 2013 yang bisa menopang sektor pertambangan, seperti pemurni air menggunakan membran, telematik dan sensor, optimalisasi rute pertambangan menggunakan peranti lunak khusus yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan banyak lagi lainnya.