Find Us On Social Media :

Serunya Berkebun di Depan Rumah

By UG DANI, Sabtu, 14 Juni 2014 | 11:00 WIB

Serunya Berkebun di Depan Rumah

Intisari-online.com- Berkebun di depan rumah ternyata sangat mengasikan, selain memanfaatkan perkarangan rumah hasilnya dapat kita petik manfaatnya, kebun rumah boleh juga kita namakan. Kalau berkebun dilahan pertanian, itu sudah biasa tapi kalau didepan rumah kelihatan unik dan mengasikan.

Macam-macam tanaman yang bisa kita jadikan rumah kebun, tapi pikirkan tanaman yang bermanfaat untuk kita petik hasilnya, sehingga kebun rumah bisa kita jadikan ladang keluarga untuk kebutuhan sehari-hari. Berkebun di depan rumah selain untuk konsumsi sendiri juga secara penghijauan sangat bagus untuk memperindah rumah sehingga nampak unik.

Tanaman-tanaman yang bisa dimanfaatkan bisa terdiri dari sayur mayur, kol,kubis, wortel ataupun lainnya. Selingilah dengan tanaman yang bisa diambil beberapa kali seperti cabai ataupun paria. Agar lahan saat dipanen tidak kosong sehingga tanaman selingan bisa dipetik hasilnya saat tanaman yang lain dipanen.

Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah menjadi rumah kebun, jika masih ada sedikit lahan, usahakan dilengkapi dengan kolam ikan sehingga Anda bisa memanen ikan sebagai selingan ataupun pelengkap rumah kebun anda. Pilihlah ikan-ikan yang tahan hidup lama dan tidak perlu perawatan khusus, gurame, mujaer ataupun lele, ikan ini mudah dipelihara dan pangannya pun tidak terlalu sulit, racikan sayur yang sudah tidak terpakai ataupun daun talas ikan tersebut sangat menyukainya.

Nah bagaimana jika rumah Anda  tak ada pekarangannya ataupun hanya sedikit? Tidak usah kuatir,anda juga masih bisa berkebun dengan menggunakan media pot yang bisa anda manfaatkan disekeliling rumah anda, misalnya talang bekas ataupun pipa paralon untuk pembuatan media pot dengan selera anda. Uniknya media pot terlihat cantik jika ditanami sayur-mayur sehingga Anda bisa memanfaatkan semaksimal mungkin pekarangan rumah Anda dengan hasil yang bisa dimanfaatkan untuk keluraga, selamat berkebun.