Find Us On Social Media :

Beginilah Sejarah Demokrasi Di Indonesia, Penuh Liku Dan Tak Mulus

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 14 Oktober 2023 | 15:17 WIB

Pemilu tahun 1955 dianggap sebagai pemilu paling demokratis di Indonesia. Begini sejarah demokrasi di Indonesia dari dulu hingga sekarang.

Pemilu tahun 1955 dianggap sebagai pemilu paling demokratis di Indonesia. Begini sejarah demokrasi di Indonesia dari dulu hingga sekarang.

Intisari-Online.com - Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

Pertanyaannya: bagaimana sejarah perjalanan demokrasi di Indonesia? Bagaimana para bapak pendiri bangsa memperjuangkan sistem yang dikenal sejak zaman Yunani Kuno ini?

Inilah sejarah demokrasi di Indonesia.

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani demokratia, yang merupakan gabungan dari dua suku kata, demos dan kratos.

Demos artinya rakyat, kratos artinya pemerintahan.

Jadi, demokrasi, mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, adakah bentuk pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya atau pemerintah rakyat.

Seperti disebut di awal, istilah demokrasi sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno, tepatnya pada pertengahan abad 5 SM.

Mengaku pada buku Mengenal Lebih Dekat Demokrasi di Indonesia (2012) yang ditulis oleh Nadhirun, sejarah demokrasi di Indonesia bermula pada awal abad 20.

Ketika itu, Indonesia masih dalam kekuasaan pemerintah kolonial Hindia Belanda tapi pemikiran yang berasal dari barat, termasuk demokrasi, sudah mulai masuk ke Indonesia.

Ide-ide demokrasi bersemai di alam pikiran pelajar-pelajar Indonesia yang mencicipi pendidikan Eropa, entah di Hindia Belanda atau Belanda.

Salah satu tokoh yang merasakan alam pikiran demokrasi ala Eropa  yaitu Mohammad Hatta yang kebetulan saat itu menempuh pendidikan di Belanda.