Find Us On Social Media :

Jika Anda Menjadi Menteri Pariwisata, Apa yang Anda Rencanakan Untuk Memajukan Budaya Nasional

By Afif Khoirul M, Jumat, 13 Oktober 2023 | 17:15 WIB

Di dalam buku PPKn Kurikulum Merdeka kelas VIII, terdapat soal uji kompetensi seputar budaya nasional.

Intisari-online.com - Dalam pelajaran PKN kelas VIII halaman 118 memuat soal narasi sebagai berikut ini:

Banyak budaya nasional dan kearifan lokal yang terancam punah, seperti Gambang Semarangan, Terebang Gede, dan Nataki. Padahal, budaya nasional tersebut bisa jadi destinasi wisata menarik. Jika kalian menjadi menteri pariwisata, apa yang kalian rencanakan dan programkan untuk memajukan budaya nasional?

Jawaban :

Budaya nasional dan kearifan lokal adalah warisan berharga yang harus dilestarikan dan dikembangkan.

Jika saya menjadi menteri pariwisata, saya akan merencanakan dan memprogramkan beberapa hal untuk memajukan budaya nasional, antara lain:

Membangun pusat-pusat kebudayaan di berbagai daerah yang menampilkan berbagai macam budaya nasional dan kearifan lokal, seperti Gambang Semarangan, Terebang Gede, dan Nataki.

Pusat-pusat kebudayaan ini akan menjadi tempat untuk mengenalkan, mengajarkan, dan mempromosikan budaya nasional kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

Membuat festival-festival budaya nasional yang menarik dan berkualitas, yang melibatkan berbagai pihak, seperti pemerintah, swasta, komunitas, media, dan akademisi.

Festival-festival budaya ini akan menjadi ajang untuk menampilkan dan mengapresiasi kekayaan budaya nasional, sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Mendorong pengembangan industri kreatif yang berbasis budaya nasional dan kearifan lokal, seperti kerajinan, seni, musik, film, kuliner, dan lain-lain.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menunjukkan Budaya yang Ada di Indonesia? Ini Caranya