Find Us On Social Media :

Mengenal Sejarah dan Makna Hari Museum Nasional yang Diperingati Setiap 12 Oktober Berawal Dari Peristiwa 1962 Ini

By Afif Khoirul M, Kamis, 12 Oktober 2023 | 11:10 WIB

Museum Nasional Republik Indonesia yang baru saja kebakaran identik dengan patung gajah. Itulah kenapa disebut Museum Gajah.

Intisari-online.com - Museum adalah salah satu tempat yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah, budaya, dan ilmu pengetahuan dari berbagai zaman dan daerah.

Museum juga berfungsi sebagai sarana edukasi, rekreasi, dan inspirasi bagi masyarakat.

Di Indonesia, terdapat lebih dari 400 museum yang tersebar di seluruh provinsi.

Untuk menghargai peran dan fungsi museum dalam pelestarian warisan budaya bangsa, setiap tanggal 12 Oktober diperingati sebagai Hari Museum Nasional.

Hari Museum Nasional pertama kali ditetapkan pada tahun 1962, dalam rangka memperingati Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) pertama yang diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 12-15 Oktober 1962.

MMI pertama ini dihadiri oleh perwakilan dari 25 museum di Indonesia, baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta.

Salah satu hasil dari MMI pertama adalah pembentukan Ikatan Museum Indonesia (IMI) sebagai organisasi profesi permuseuman di Indonesia.

Tujuan dari peringatan Hari Museum Nasional adalah untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap museum sebagai lembaga pelestarian warisan budaya Indonesia.

Dengan mengunjungi museum, masyarakat dapat belajar tentang sejarah, tradisi, seni, dan kearifan lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, museum juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang-bidang yang diminati.

Dalam peringatan Hari Museum Nasional, kita juga dapat mengenang jasa-jasa para tokoh permuseuman Indonesia yang telah berkontribusi dalam pengembangan museum di tanah air.

Baca Juga: Cerita Di Balik Patung Gajah Yang Menjadi Ikon Museum Republik Indonesia