Find Us On Social Media :

Pentingnya Gunung terhadap Iklim Global

By Muhammad Fauzan Aziz, Selasa, 18 Maret 2014 | 15:00 WIB

Pentingnya Gunung terhadap Iklim Global

Intisari-Online.com – Mengapa gunung dapat mempengaruhi iklim dunia? Studi baru pada iklim pegunungan, menunjukan jika tingkat suhu yang disebabkan oleh tumbuhnya vegetasi memiliki peran penting dalam mengatur iklim global.

Peneliti dari University of Oxford menyebut jika beberapa gunung menjadi “termostat” untuk mengatur iklim global. Dalam iklim hangat, pohon tumbuh lebih cepat dan dalam sehingga dapat menghancurkan batu yang mengandung karbon dioksida. Proses pengontrolan iklim tersebut membersihkan karbon dioksida di atmosfir, sehingga iklim global akan menurun.

Christopher Doughty, salah satu peneliti yang terlibat, berkata, “hal ini selalu menjadi misteri mengapa iklim kita selalu stabil, padahal di bumi ini sering terjadi perubahan iklim mendadak yang berdampak pada kehidupan.”

Sayangnya, para peneliti tidak berpikir bahwa “termostat alam” ini dapat mencegah perubahan iklim yang disebabkan manusia.

“Proses ini memang bisa menstabilkan, tetapi memakan waktu yang lama. Dibutuhkan ribuan sampai jutaan tahun untuk bisa menstabilkan iklim, proses ini akan tidak sebanding dengan dihasilkannya CO2 oleh manusia, akibat pemakaian bahan bakar fosil.”

Walaupun masih dalam tahap awal, penemuan ini mungkin akan berguna untuk memperdalam pengertian kita tentang asal-mula kehidupan bumi, juga dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi kehidupan di masa depan. (mongabay.com)