Find Us On Social Media :

'Growing Up with Bobo' Sambut Hari Anak Belanda dan 50 Tahun Bobo di Indonesia

By Ade S, Selasa, 10 Oktober 2023 | 12:25 WIB

Program literasi Growing Up with Bobo'

Intisari-Online.com - Untuk merayakan dua peristiwa penting, yaitu Hari Anak Belanda yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2023 dan keberadaan Bobo selama 50 tahun di Indonesia, Erasmus Huis dan Yayasan 17000 Pulau Imaji menggelar program literasi “Growing Up with Bobo”.

Program ini akan menampilkan Majalah Bobo dari Indonesia dan Belanda, serta mengundang para pembaca untuk berdiskusi pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023, pukul 16.00 WIB.

Selain itu, program ini juga akan memamerkan perjalanan Bobo dari generasi ke generasi sejak tanggal 7 hingga 19 Oktober 2023, pukul 10.00 – 16.00 WIB di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Kami sangat bangga dapat menyelenggarakan acara ini bersama dengan Erasmus Huis, terutama dalam merayakan sejarah majalah Bobo yang telah menjadi teman setia dari generasi ke generasi sejak pertama kali terbit di Belanda dan menjadi bagian tak  terpisahkan dari warisan literasi anak-anak di Indonesia. Kegiatan inikami harapkan bisa mengumpulkan kembali kejayaan literasi anak-anak ketika anak-anak di Indonesia berkumpul dan membaca bersama majalah ini dan mendapatkan banyak ilmu dan pelajaran berharga yang dihadirkan Bobo," ujar Laura Bangun Prinsloo, Ketua Yayasan 17000 Pulau Imaji.

Berlangsung di Perpustakaan Erasmus Huis, David Togatorop, M. Hum sebagai Editor in Chief Majalah Bobo Indonesia dan Renske Lamers sebagai Editor in Chief Majalah Bobo Belanda akan berbincang dan bernostalgia bersama tentang perjalanan Bobo dari masa ke masa.

“Majalah Bobo telah menjadi bagian penting dari masa kecil kita. Banyak dari pembacanya yang kini telah beranjak dewasa, memiliki kenangan tersendiri dari kisah yang inspiratif serta ilmu pengetahuan yang didapat dari Bobo. Perkembangan Bobo di Indonesia dan Belanda tidak hanya menunjukkan pentingnya majalah ini bagi para pembacanya, namun juga menjadi jembatan budaya antara kedua negara,” ujar Nicolaas de Regt, DirekturErasmus Huis.

Terbit sejak 14 April 1973, Bobo versi Indonesia merupakan majalah yang terbit dengan penyesuaian isi dari majalah serupa di Belanda.

Bobo di Indonesia yang diterbitkan oleh Kelompok Kompas Gramedia telah berkembang sesuai dengan kebutuhan pembaca Indonesia dengan target pembaca usia sekolah dasar.

Bobo versi Belanda terbit sejak 1 Januari 1968 dengan target pembaca anak usia sebelum sekolah.

Produk Majalah Bobo dari Blink Publishers ini pernah hadir di Indonesia dengan nama Bobo Junior dan sempat terbit hingga akhir tahun 2022.

Dalam diskusi tersebut, para peserta juga akan disuguhkan dengan perkembangan Bobo ke dunia digital, termasuk perubahan ke berbagai Intellectual Property (IP) lainnya, dari generasi ke generasi.

“Majalah Bobo telah menjadi sahabat dan pendamping belajar bagi anak-anak Indonesia selama 50 tahun. Selama 50 tahun itu, Majalah Bobo tetap berkomitmen untuk menghadirkan konten berkualitas dalam cerita, komik, dan dongeng kami yang menyenangkan. Semua cerita ini tertanam dalam ingatan anak-anak Indonesia dan telah membentuk mereka menjadi pribadi dengan karakter yang baik. Untuk alasan itu, kami sangat senang memiliki kesempatan untuk memamerkan perjalanan 50 tahun kami di Erasmus Huis bersama Bobo dari Belanda. Majalah Bobo terus berharap untuk mendapat dukungan dari pembaca setia kami dan menyambut para pembaca baru dan memastikan bahwa nilai-nilai baik Majalah Bobo terus tumbuh dan dicintai di Indonesia," kata David Togatorop, Pemimpin Redaksi Majalah Bobo, Grid Network.