Find Us On Social Media :

Direktur Senior BlackBerry: Masa Depan BlackBerry Ada di Android

By Ade Sulaeman, Senin, 1 Februari 2016 | 11:00 WIB

Direktur Senior BlackBerry: Masa Depan BlackBerry Ada di Android

Intisari-Online.com - Dugaan bahwa masa depan BlackBerry ada di Android nampaknya akan menjadi kenyataan setelah Damian Tay, Direktur Senior BlackBerry menuturkan hal tersebut.

Sebenarnya, sebelum BlackBerry Priv yang menggunakan sistem operasi Android diluncurkan, banyak yang bertanya-tanya apakah masa depan dari platform buatan BlackBerry sendiri, BlackBerry 10.

Awal bulan ini, CEO BlackBerry John Chen mengatakan bahwa BlackBerry 10.3 akan menerima peningkatan keamanan dan privasi di 2016. Tapi pernyataan yang dibuat selama beberapa bulan terakhir menunjukkan dengan jelas bahwa tidak akan ada hardware BB10 baru yang akan diperkenalkan tahun ini.

Bahkan, Chen mengatakan justru ponsel lain yang bertenaga Android yang akan dirilis pada 2016. Yang mungkin akan menjadi perangkat dengan kode "Wina."

Masa depan BlackBerry 10 tampaknya tidak akan lama lagi. Saat Priv diluncurkan di India pekan lalu, direktur senior manajemen produk BlackBerry wilayah Asia Pasifik, Damian Tay membuat beberapa komentar yang menarik.

Tay mengatakan bahwa ketika kelak perusahaannya membuat perangkat Android yang aman, maka sudah tidak masuk akal untuk perusahaan tersebut mengeluarkan dua platform. Akibatnya, ia mengatakan bahwa di masa depan, BlackBerry "mungkin hanya menggunakan platform Android."

"Perangkat Priv pada dasarnya merupakan transisi kita menuju ekosistem Android. Saat kita membuat perangkat Android yang lebih aman, selama periode waktu tertentu, kita tidak akan memiliki dua platform, dan mungkin hanya Android sebagai yang akan kita jadikan sebagai satu-satunya platform [untuk smartphone],” tutur Tay.

Tapi untuk saat ini, kami memiliki BB10 dan platform Android untuk smartphone kami ... masa depan adalah benar-benar ada di Android. Kami memilih Android lebih disebabkan kekuatan ekosistem aplikasinya. Selain itu, semua solusi enterprise yang telah kita lakukan telah cross-platform untuk waktu yang lama," Tay menutup pernyataannya.

Menurut Chen, pembaruan yang akan diterima BlackBerry 10 tahun ini akan membuat OS yang lebih aman untuk penggunaan bisnis dan pemerintah.

Update mendatang dengan seri 10.3.3 akan memungkinkan BB10 memiliki sertifikat NIAP. Ini menunjukkan platform "telah lulus tes keamanan ketat pemerintah." Akhir tahun ini, platform akan diperbarui ke versi 10.3.4 dengan update keamanan yang lebih baik.(phonearena.com