Find Us On Social Media :

4 Pelajaran Penting dalam Menjalankan Usaha Berbasis Teknologi dari Silicon Valley (1)

By Ade Sulaeman, Rabu, 10 Februari 2016 | 12:30 WIB

4 Pelajaran Penting dalam Menjalankan Usaha Berbasis Teknologi dari Silicon Valley (1)

Intisari-Online.com - Pemenang kompetisi Startup Sprint, Delihome mendapatkan empat pelajaran penting dalam menjalankan usaha berbasis teknologi saat berkunjung ke Silicon Valley.

* Buat startup untuk solving problem

Founder harus tumbuh dalam budaya untuk selalu solving problems dan membantu orang banyak. Salah satu yang menarik adalah saat kunjungan ke Code for America, inkubator yang selalu mengembangkan civic tech, dimana startup didorong untuk mengembangkan layanan pemerintah untuk diimplementasikan ke masyarakat luas.

Salah satu contoh startup-nya adalah BlightStatus yang merupakan aplikasi yang menyimpan semua data orang yang terkena bencana untuk mempermudah upaya pemerintah untuk menyalurkan bantuan.

“Ini nilai pertama yang harus dimiliki oleh semua entrepreneur di Indonesia. Bikin startup itu bukan karena mau mencari uang, tapi untuk menyelesaikan masalah yang ada di Indonesia,” ujar James Junianlie, CFO Delihome yang merupakan lulusan dari The University of Nottingham Ningbo China.

* Founder lebih penting dibanding ide

Di F50 (venture capital syndication platform) dan Startup Weekend (sebuah program 54 jam untuk membuat startup), Delihome belajar bahwa  menemukan co-founder yang tepat lebih penting daripada ide startup itu sendiri. Alasannya sesederhana bahwa worldclass team bisa mewujudkan apapun yang ingin dicapai. Sebaliknya, jika ide startup luar biasa bagus, namun tim yang menjalankan buruk, maka mereka tidak akan kemana-mana.

’A’ team with ‘B’ idea is better than ‘B’ team with ‘A’ idea.” Itu nilai yang diimplementasikan dengan nyata disana, buktinya rata-rata tempat yang kita kunjungi berbentuk co-working space, karena melaui co-working space terbentuk komunitas founder untuk bisa saling menemukan dan berkolaborasi,” ujar Lisa, CMO Delihome.

--

Delihome, sebuah startup teknologi asal Surabaya beranggotakan Andree Wijaya, James Junianlie, dan Elisabeth Be membawa empat pelajaran berharga saat mereka kembali dari Silicon Valley. Pemenang kompetisi ini berhak melakukan perjalanan ke Silicon Valley, Amerika Serikat.

Selama 4 hari, mereka berkeliling menjelajahi kiblat startup dunia dan berkunjung ke perusahaan dan inkubator level dunia seperti Google, Facebook, Code for America, WeWork Transbay, Start X, Startup Weekend, dan GSVLabs.

(chip.co.id)