Find Us On Social Media :

4 Pelajaran Penting dalam Menjalankan Usaha Berbasis Teknologi dari Silicon Valley (2)

By Ade Sulaeman, Rabu, 10 Februari 2016 | 13:00 WIB

4 Pelajaran Penting dalam Menjalankan Usaha Berbasis Teknologi dari Silicon Valley (2)

Intisari-Online.com - Pemenang kompetisi Startup Sprint, Delihome mendapatkan empat pelajaran penting dalam menjalankan usaha berbasis teknologi saat berkunjung ke Silicon Valley.

* Belajar dari Google dan Facebook

Siapa yang tidak tahu Google dan Facebook? Dua perusahaan raksasa tersebut memang memiliki formula canggih untuk terus berkembang. Salah satunya adalah soal culture dan nilai yang mereka tanamkan kepada karyawannya.

Di Facebook, mereka menyebarkan nilai "move fast and break things" dimana setiap orang didorong untuk bergerak cepat sehingga bisa menghasilkan sesuatu dengan cepat sehingga bisa terus menghasilkan.

Di Google, mereka menyebarkan nilai "don't be evil” dimana Google mengajarkan kepada karyawannya untuk tidak tamak pada keuntungan, melainkan fokus pada kebutuhan orang yang lebih banyak.

Culture mereka yang kuat mengarahkan pada branding dan positioning yang baik bagi perusahaan. Startup perlu memikirkan tentang fondasi culture sejak awal. 

* Nilai dan kolaborasi di dunia teknologi

Di GSV Labs, Delihome belajar tentang bagaimana seluruh elemen yang dibutuhkan Startup bisa berkolaborasi dalam satu tempat, mulai dari investor, calon startup, IT support, mentor, hosting company, dan sebagainya. GSV Labs merupakan sebuah inkubator yang membantu entrepreneur untuk berinovasi dengan skala global.

Bahkan di Facebook, nilai kolaborasi jelas terlihat dengan tidak adanya ruangan bagi karyawan termasuk untuk Mark Zuckerberg dan Sheryl Sandberg, hal ini karena perusahaan ini ingin semua orang bisa approchable, terbuka satu sama lain, dan berkolaborasi.

--

Delihome, sebuah startup teknologi asal Surabaya beranggotakan Andree Wijaya, James Junianlie, dan Elisabeth Be membawa empat pelajaran berharga saat mereka kembali dari Silicon Valley. Pemenang kompetisi ini berhak melakukan perjalanan ke Silicon Valley, Amerika Serikat.

Selama 4 hari, mereka berkeliling menjelajahi kiblat startup dunia dan berkunjung ke perusahaan dan inkubator level dunia seperti Google, Facebook, Code for America, WeWork Transbay, Start X, Startup Weekend, dan GSVLabs.

(chip.co.id)