Find Us On Social Media :

Cara Mudah Mengetahui Kebutuhan Kuota Data Internet

By Ade Sulaeman, Senin, 15 Februari 2016 | 15:45 WIB

Cara Mudah Mengetahui Kebutuhan Kuota Data Internet

Intisari-Online.com - Salah satu hal yang menjadi ‘kewajiban’ para pengguna smartphone adalah berlangganan paket data internet. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui cara mudah mengetahui kebutuhan kuota data internet.

Padahal, mengetahui seberapa besar penggunaan data internet penting untuk diketahui agar paket data internet yang dibeli tidak terlalu banyak atau juga terlalu sedikit.(Baca juga: Inilah Lima Cara Menghemat Kuota Internet

Misalnya saja kita membeli paket data bulanan sebesar 2 GB. Jika kita menggunakan data internet lebih besar dari kuota tersebut, yang terjadi adalah kita kehabisan paket di tengah jalan atau yang lebih buruk adalah terpakainya pulsa ‘normal’.

Sebaliknya, jika kita menggunakan data internet lebih kecil dari kuota data internet bulanan yang telah dibeli, kita akan dihadapkan pada dua pilihan.

Pertama kita akan memiliki kelebihan data internet saat memperpanjang langganan, karena sisa kuota otomatis ditambahkan.

Kedua, ini sisi buruknya, sisa paket kuota tersebut akan hangus sehingga. Dengan kata lain kita telah membeli paket data yang sama untuk kuota yang lebih sedikit.(Baca juga: Perhatikan 5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Nah, agar tidak merasa dirugikan saat membeli paket data internet, simaklah cara mudah mengetahui kebutuhan kuota data internet pada smartphone Android berikut ini:

Langkah 1

Masuk ke menu Settings, lalu pilih submenu Data Usage.

Langkah 2