Find Us On Social Media :

Kode Rahasia Ini Akan Membantu Kita Bermain Catur di Facebook Messenger

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 16 Februari 2016 | 11:30 WIB

Kode Rahasia Ini Akan Membantu Kita Bermain Catur di Facebook Messenger

Intisari-Online.com - Tak banyak yang tahu jika ada kode rahasia yang akan membantu kita bermain catur di Facebook Messenger. Wajar jika ini terjadi, lebih-lebih fitur ini belum dipromosikan secara terbuka—tetapi telah ada setidaknya satu bulan ke belakang.

Untuk memulai permainan, kita harus membuka percakapan dengan teman Facebook kita dengan mengetik “@fbchess play”. Setelah mengetik ‘enter’ akan muncul papan catur, dan permainan akan segera dimulai.(Baca juga: Ketika juara dunia catur dikalahkan komputer 20 tahun yang lalu

Sayangnya, untuk menjalankannya, kita tidak bisa menggeser atau menyeret bidak-bidak itu. Oleh karena itu, kita perlu mengirim kode rahasia lainnya untuk menjalankan atau memindakan bidak-bidak itu ke kotak-kotak berikutnya.

Sebelumnya, untuk memainkannya kita perlu memahami notasai-notasi dasar berdasarkan Standard Algerbraic Notation: P untuk pion, N untuk ksatria atau kuda, B untuk uskup, R untuk benteng, Q untuk ratu, dan K untuk Raja. Untuk memindahkan bidak dari posisi satu ke posisi yang lainnya, misalnya, kita bisa mengetik “@fbcheess Pb4”.

 

Kita juga bisa membatalkan langkah bidak yang sudah terjadi dengan “@fbcheess undo”; kita juga mengundurkan diri/menyerah dari permainan dengan mengetik “@fbcheess resign”.(Baca juga: Menghapus FB di Android bisa menghemat baterai

Untuk mendapatkan panduan lengkap, kita bisa mengetik “@fbcheess help”.

Seperti disebut di awal, belum ada promosi resmi dari Facebook soal ini. Kode-kode ini muncul pertama kali di jejaring sosial Reddit. Selamat bermain catur di Facebook!