Find Us On Social Media :

Freedom 251, Smartphone Termurah di India Seharga Rp94 Ribu

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 17 Februari 2016 | 13:30 WIB

Freedom 251, Smartphone Termurah di India Seharga Rp94 Ribu

Intisari-Online.com - Perusahaan perangkat di India, Ringing Bells, akan meluncurkan smartphone termurah di India seharga Rp94 ribu. Perangkat baru ini diberi nama Freedom 251 dan diklaim akan memainkan peranan penting dalam pertumbuhan pasar smartphone di negari Sungai Gangga ini.

Tak hanya di India, smartphone ini sepertinya akan menjadi yang paling murah di dunia.

Dengan 220 juta pengguna—kurang lebih sepertiga totak penduduknya—India merupakan pasar smartphone terbesar nomor dua di dunia. Pasar yang begitu menggiurkan ini tentu saja menjadi pemicu munculnya smarphone-smartphone model baru.(Baca juga: Inilah smartphone Android murah yang dibuat mantan CEO Apple

Untuk proses produksi, Ringing Bells masih mengandalkan import terutama untuk komponen-kompen dasar. Meski demikian, proses perakitan tetap akan dilakukan di India—ini sesuai dengan kampanye pemerintah India untuk mendorong pertumbuhan industri manufaktur lokal. Tahu lalu, produsen smartphone global seperti Motorola, Gionee, Lenovo, dan Xiomi telah melakukan perakitan di India.

Saat ini, harga smartphone paling terjangkau di India berkisar antara 1.500-2.000 rupee (sekitar Rp297 ribu-Rp391 ribu). Tahun lalu, perusahaan pembuat smartphone India lainnya, DataWind juga telah mengumumkan pembuatan smartphone termurahnya, dengan harga 999 rupe (sekitar Rp197 ribu).(Baca juga: Facebook kapok bikin smartphone lagi

Meski demikian, Ringing Bells belum membeberkan terlalu jauh detail smartphone yang akan diproduksi—tapi yang jelas memenuhi kapasitas sebagai smartphone 3G. Selain itu, baru-baru ini mereka juga telah meluncurkan smartphone 4G termurah di negara itu seharga 2.999 rupee (sekitar Rp600 ribu).