Find Us On Social Media :

Superman Memory Crystal, Kaca Mungil yang Mampu Simpan Data Hingga 360 Terabyte dan Tak Rusak Hingga Miliaran Tahun

By Eunike Iona Saptanti, Jumat, 19 Februari 2016 | 09:30 WIB

Superman Memory Crystal, Kaca Mungil yang Mampu Simpan Data Hingga 360 Terabyte dan Tak Rusak Hingga Miliaran Tahun

Intisari-Online.com - Sebuah terobosan baru di dunia penyimpanan data, bahwa ada teknologi baru untuk menyimpan dokumen-dokumen berharga yang Anda miliki. Kaca mungil ini bisa menampung sebanyak 360 terabyte data dan mampu bertahan selama miliaran tahun tanpa kerusakan dan kehilangan data.

Ilmuwan dari University of Southampton’s Optoeletronics research Centre adalah tim dibalik pembuatan memori kaca ini. Para ilmuwan ini bertanggung jawab dalam proses memori dengan material kaca nanountuk menyimpan sejumlah besar data dalam lima dimensi.

Memori kaca ini bekerja dengan pengaruh cahaya yang menembus lapisan (layer) kaca.  Cahaya laser ultracepat akan menembus tiga layer sekaligus. Itu sebabnya pemrosesan data bisa berlangsung dengan cepat.

Menurut pencipta dari memori yang diberi nama “Superman Memory Crystal” ini, kaca memory akan bertahan selama 13,8 miliar tahun, dan tahan suhu hingga derajat Celcius.

Teknologi ini bukan yang baru diciptakan, sebelumnya, eksperimen memori dengan kaca sukses di demontrasikan pada tahun 2013, dengan uji coba mereka 300kb data dalam lima dimensi.

Peter Kazansky, salah satu ilmuwan yang turut menciptakan memori kaca ini mengatakan, ini mengejutkan bahwa kita bisa membuat teknologi untuk menyimpan dokumen untuk generasi mendatang. Teknologi baru ini dapat mengamankan bukti terakhir peradaban kita, “ katanya.

Lempengan kaca yang pernah dibuat oleh para peneliti untuk menyimpan data sejarah diantaranya, Universal Declaration of Human Rights, Magna Charta, Optik milik Newton, dan Alkitab versi King James.  

(digitaltrends)